rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, October 10, 2012

Apa Itu Internet Marketing?

internet marketing
Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta :). Agar Anda makin semangat dan mencintai dunia pemasaran lewat internet, maka saya akan mengajak Anda untuk mengenal dulu sedikit lebih jauh tentang dunia pemasaran online (online marketing). Untuk itu disini kita akan membahas beberapa perkenalan awal seputar pemasaran bisnis lewat internet.



1.1 Apa Itu Internet Marketing?
Apakah Anda mau?
  • Meningkatkan angka penjualan produk Anda dengan biaya promosi yang murah dan terjangkau?
  • Membangun daftar prospek untuk menjadi pembeli produk Anda di masa depan?
  • Membangun jaringan yang lebih luas guna mengembangkan bisnis Anda?
  • Atau Anda mau memperkenalkan bisnis Anda keselurh dunia?
Jika iya, maka pemasaran lewat internet adalah pilihan yang sangat tepat. Internet adalah media publikasi terbesar di dunia saat ini, sebab semua orang di dunia bisa terhubung ke internet. Jadi jika kita memanfaatkan internet, bersiaplah bahwa bisnis anda akan dikenal sampai seluruh Indonesia bahkan dunia.

Anyway, apa sih internet marketing itu? Internet marketing adalah sebuah metode dan sistem pemasaran yang baru, dengan memanfaatkan media internet untuk keseluruhan prosesnya. Mulai dari proses menjaring pelanggan (pembeli produk kita), berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pembeli, hingga proses promosi produknya.

Kenapa disini dikatakan internet marketing itu baru lahir? Sebab pemanfaatan internet sebagai media pemasaran secar besar-besaran baru terjadi sejak populernya internet. Tepatnya saat mulai dikenalnya Google, Facebook, dan berbagai situs seperti Youtube, dan jejaring sosial lainnya. Singkat kata, internet marketing itu masih baru dan tentunya kedepannya masa depan internet marketing akan semakin cerah sebab semakin hari jumlah pemakai internet semakin besar dan terus berkembang.

Apa sih inti dari internet marketing itu?
Agar lebih mudah, tentu kita harus pnya satu tujuan pasti. Sama halnya dalam internet marketing, inti dan tujuan utama dari internet marketing adalah menciptakan penjualan, entah itu penjualan produk atau penjualan profil kita. Internet marketing bisa dipakai untuk semua aspek, mulai dari aspek bisnis (seperti promosi perusahaan, promosi usaha kecil menegah, promosi produk yang kita jual), publikasi organisasi (seperti ormas-ormas/oganisasi masyarakat), hingga internet marketing juga bisa dipakai untuk kampanye para politisi.

1.2 Beragam Bentuk Internet Marketing

Berikut ini beberapa bentuk pemasaran lewat internet yang sering dan umum dipakai oleh para pelaku bisnis internet.
  • Pemasaran lewat jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Linkedin, dan berbagai jejaring sosial lainnya.
  • Pemasaran lewat website/blog. Entah itu berupa blog/website perusahaan, website personal, website organisasi, website iklan baris, website job list, maupun website toko online untuk penjualan produk.
  • Pemasaran lewat Youtube. Pemasaran yang dilakukan biasanya dilakukan lewat media video yang dibagikan di Youtube.
  • Pemasaran lewat email. Pemasaran jenis ini biasanya dilakukan dengan mengumpulkan dulu alamat email prospek (calon pembeli produk kita), lalu secara bertahap namun pasti, kita terus mengirim pesan penawaran produk. Tapi ingat, email marketing bukanlah tindakan spamming yang menggangu orang lain. Nanti kita bahas ya :).
  • Pemasaran lewat media iklan internet.
  • Pemasaran lewat berbagai forum, seperti forum Kaskus, BisnisUkm.com, dan berbagai forum komunitas lainnya.
Nah itu bentuk pemasaran internet secara umum, dari berbagai cara diatas pemasaran internet bisa dibagikan secara lebih spesifik dan detail lagi. Dari beberapa cara internet marketing yang ada, Anda tidak perlu melakukan semuanya. Kenapa? Sebab akan lebih baik bila kita berfokus dulu pada metode atau cara tertentu saja, misalnya kita memanfaat kan Facebook dan blog dulu. Namun tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa memadukan beberapa cara pemasaran sekaligus.



Back To Top