rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Friday, November 23, 2012

Cara Mengatasi Crawl Error Pada Google Adsense

Bagi para publiser sering kali kita dipusingkan dengan konten iklan AdSense yang tidak muncul pada blog, itu disebabkan oleh laman atau postingan yang tidak bisa di crawl atau di rayapi oleh robot.txt AdSense karena konten tidak relevan dengan iklan yang akan ditampilkan.

Hal ini juga pernah saya alami maka dari itu disini saya akan berbagi cara mengatasi crawl error pada AdSense. Jadi jika iklan AdSense Anda tidak muncul pada blog kemungkinan itu terjadi karena laman/postingan Anda tidak terbaca oleh robot.txt AdSense.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para publiser tentang cara mengoptimalkan situs mereka pada iklan AdSense, memilih iklan teks/iklan gambar, mengupgrade ke format setelan sendiri, dan meningkatkan cakupan iklan hanya pada beberapa situs yang lebih terkenal. Tapi apakah Anda tahu bahwa ada cara lain tentang cara optimasi secara langsung yang sering di abaikan oleh publiser?

File robots.txt situs Anda yang pada dasarnya bertindak sebagai penjaga gerbang yang menentukan web crawler, robot web, dan mesin pencari memiliki mana yang boleh di akses dan mana yang tidak boleh di akses pada situs Anda. Mereka yang diberikan izin dapat melakukan hal-hal seperti melihat halaman Anda dan mengindeks situs Anda. Mereka yang tidak memiliki izin tidak dapat melihat atau bagian tertentu indeks situs Anda, tergantung pada apa yang telah Anda tentukan.

Iklan AdSense ditampilkan melalui penggunaan web crawler AdSense. Crawler yang memindai isi halaman Anda dan menentukan iklan mana yang ditampilkan, menurut kata kunci atau keyword tertentu. Jika crawler AdSense diblokir oleh file robots.txt Anda, maka AdSense akan sulit menampilkan iklan yang relevan di situs Anda. Akibatnya, pengunjung blog Anda mungkin akan melihat iklan yang kurang relevan, yang dapat menyebabkan CTR lebih rendah.

Bagaimana cara mengatasi crawl error dan menampilkan iklan yang relevan.
Lihat isi dari file robots.txt Anda dengan cara sebagai berikut:
  • Login ke akun blogger Anda.
  • Masuk ke dasboard.
  • Klik Setelan
  • Pilih Preferensi penelusuran
  • Pilih robot.txt khusus
  • Klik Edit
  • Copy dan pastekan kode di bawah pada kolom robot.txt khusus. Ganti domain sobat, lalu save.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://www.example.com/feeds/posts/default?orderby=updated

  • Setelah itu ganti meta tag khusus seperti gambar di bawah.
Cara Mengatasi Crawl Error Pada Google Adsense


Hal ini akan memastikan bahwa crawler iklan AdSense dapat mengakses situs Anda dan akan membantu menampilkan iklan yang lebih relevan. Sebagai hasilnya, Anda berpotensi bisa mendapatkan keuntungan yang lebih meningkat dari pendapatan iklan. Harap dicatat bahwa membuat perubahan ini tidak akan mempengaruhi Anda pada peringkat pencarian Google. Menambahkan dua baris ke file robots.txt Anda hanya akan membantu untuk memberikan konten iklan yang lebih baik, iklan yang lebih relevan dengan halaman kode AdSense yang sesuai. Halaman yang tidak memiliki kode iklan AdSense tidak akan terpengaruh.

Selamat mencoba, semoga berhasil, mohon kritik dan sarannya jika ada kesalahan pada artikel saya Cara Mengatasi Crawl Error Pada Google Adsense.
Back To Top