rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Sunday, November 11, 2012

Membangun Branding Blog

Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis ataupun pemasaran mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah branding. Branding atau pencitraan sendiri memang cukup pentinga dalam dunia pemasaran, termasuk dalam hal pemasaran lewat internet. Maka kita perlu melakukan yang namanya branding. Entah itu untuk produk kita, bisnis kita, ataupun kepada profil kita sendiri.

Bicara soal branding, maka blog juga bisa menjadi sarana membangun citra bagi bisnis Anda. Tentu setiap pebisnis ingin bisnisnya punya nama baik, maka dari itu kita perlu membangun citra sebagai sesuatu yang layak dibanggakan karena kebaikan kita. Dengan citra yang baik, maka pelanggan nanti akan lebih yakin dengan kualitas layanan ataupun kualitas produk kita.

Bagaimana caranya membangun citra yang baik lewat blog? Salah satunya dengan memberi tampilan yang baik pada desain blog.

1. Desain Blog

Desain blog kita nantinya akan berpengaruh terhadap pencitraan yang kita lakukan lewat blog. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan:

Warna background blog
Usahakan background yang Anda gunakan pada blog Anda yang nyaman di mata. Paling bagus gunakanlah warna background putih pada blog Anda. Perhatikan, hampir semua website besar selalu menggunakan warna latar belakan putih.

Google menggunakan background putih pada situsnya

Kemudahan untuk dijelajahi
Kita perlu membuat blog kita mudah dijelajahi oleh pengunjung, sebab kalau pengunjung kesulitan menjelajahi blog kita, maka sudah pasti mereka akan kesal dan mungkin saja menjadikan citra blog kita buruk dimata mereka. Untuk itu kita perlu melengkapi dengan beberapa fasilitas seperti menu navigasi, navigasi breadcrumb, dan kotak pencarian agar pengunjung mudah menjelajahi blog kita.

Contoh menu navigasi
Contoh kotak pencarian

Tampilan yang Wow!
Jika blog Anda benar-benar ingin membangun branding yang luar biasa, maka tampilan blog Anda harus dibuat se-wow dan semenarik mungkin. Anda perlu menampilkan ciri khas dari bisnis Anda pada blog, seperti penggunaan logo pada blog, warna khas bisnis atau perusahaan Anda, slogan perusahaan Anda, dan berbagai tampilan yang bisa menghipnotis setiap pengunjung blog Anda. Hanya saja memang nanti dibutuhkan kemampuan desain yang baik agar tampilan blog benar-benar memukau.

2. Konsistensi

Dalam pencitraan perlu adanya konsistensi. Anda tidak bisa hanya sesekali saja membangun citra, melainkan harus terus menerus dan konsisten. Misalnya seorang motivator akan makin dikenal jika ia terus konsisten menjadi pembicara motivasi, Lihat Pak Mario Teguh berhasil membangun brand sebagai motivator nomor satu Indonesia karena beliau setiap minggu malam tampil sebagai pembicara motivasi di Metro TV, libat Deddy Corbuzier bisa penjadi mentalist paling terkenal karena ia konsisten tampil di acara mentalist.

Sama halnya bog Anda, blog Anda akan menjadi terkenal kalau terus konsisten menyajikan hal-hal bermanfaat. Untuk memperkuat citra blog, blog Anda harus terus diisi dengan artikel-artikel yang bermanfaat bagi banyak orang. Jadi kita harus fokus pada kualitas dan kuantitas artikel blog.

Mario Teguh terkenal karena konsisten

3. Buat Blog Anda Selalu Dirindukan

Menjadikan blog Anda selalu dirindukan adalah senjata ampuh untuk membuat blog Anda mendapatkan citra yang baik. Saya sendiri punya beberapa blog idola dimana hampir setiap minggu saya menantikan posting terbaru dari mereka. Saya memang menjadi fan blog tersebut karena blog nya memiliki artikel yang luar biasa, pemiliknya ramah, dan selalu menyajikan konten yang bermanfaat.

Nah, jika Anda mau blog Anda selalu dirindukan, maka buatlah blog Anda pantas dirindukan. Misalnya dengan memperbanyak artikel dan konten bermanfaat di blog Anda, memberi kesan ramah kepada pengunjung (misalnya dengan menjawab komentar-komentar yang masuk), menyediakan fasilitas konsultasi, dan lain sebagainya. Jadikanlah blog Anda sebagai pilihan yang utama bagi para pembacanya. Dengan begitu, lambat laun citra blog Anda akan makin nampak.

Salam sukses untu Anda Semua, terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel membangun branding blog, jika berkenan sempatkanlah untuk berkomentar.
Back To Top