rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Tuesday, December 4, 2012

Cara Mengetahui RSS Feed Pada CMS Opencart

Tidak seperti biasanya, kali ini saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan RSS Feed pada blog saya yang menggunakan CMS Opencart, karena sebelumnya saya lebih sering menggunakan CMS WordPress.

Waktu kemarin setelah selesai menginstall salah satu blog saya dengan menggunakan CMS Opencart, kemudian saya ingin membuat membuat alamat RSS Feed melalui Google Feedburner, ketika saya menggunakan CMS WordPress URL Feed langsung muncul saat alamat website kita masukan pada kolom Feed URL di Google Feedburner, tetapi tidak dapat di temukan.

Dan Google Feedburner bilang begini:

We could not find a valid feed at that address. Here are some possible reasons this might have happened:

Is the feed valid? Confirm its validity now.
The feed your site already creates needs to be “valid enough” to work with FeedBurner. This post from the FeedBurner Help Center explains why technical validity matters.
Are you using the URL of the web page or the URL of the feed?
FeedBurner is usually able to "auto-discover" your feed from a web page, but in this case we didn't find any related feeds. You may want to enter the URL of the feed directly.

Is the URL is misspelled or a copy+paste action didn't work? 
If that's the case, please try again.



Kemudian saya klik  Confirm its validity now dan diarahkan ke http://feedvalidator.org/check.cgi?url=http%3a%2f%2fbyroz.net, dan yang muncul adalah (lihat blok kuning pada gambar dibawah), itu menunjukkan bahwa di dalam website tidak ditemukan URL yang mengandung RSS Feed, dalam hati bergumam "wah rasanya ga lengkap kalo website tidak memiliki RSS Feed, karena banyak sekali kegunaan RSS Feed pada website.




Setelah itu saya mencari - cari informasi mengenai cara mengetahui RSS Feed pada CMS Opencart dengan cara browsing melalui Google, setelah sekian lama akhirnya ketemu juga sebuah website yang membahas masalah ini dengan menggunakan keyword "Cara Mengetahui RSS Feed Pada CMS Opencart", alamat website tersebuta adalah http://opencart.web2y.net

Sebelumnya saya sempat berfikir bahwa CMS Opencart tidak ada RSS Feed nya, tetapi setelah membaca petunjuk pada website tersebut akhirnya saya lega karna ternyata di dalam CMS Opencart juga tersedia URL RSS Feed. Didalam website tersebut dijelaskan bahwa RSS Feed untuk CMS Opencart itu ada cuman lebih sederhana jika dibandingkan dengan CMS lainnya.

Nah berikut ini adalah cara mengetahui letak RSS Feed untuk CMS Opencart. 
  • Maasuk ke dalam Administration Opencart Anda.
  • Setelah masuk pada Dasboard pilih menu Extensions.
  • Kemudian pilih menu Product Feeds.
  • Klik tombol Install pada Google Base.
  • Klik Install untuk mengaktifkan.
  • Kemudian klik Edit, ubah statusnya menjadi enable untuk mengaktifkan. 
  • Contoh URL RSS Feed CMS Opencart :
 http://domain.com/index.php?route=feed/google_base
Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga URL RSS Feed nya, semoga bisa membantu ya artikel Cara Mengetahui RSS Feed Pada CMS Opencart nya.
Back To Top