rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Sunday, January 27, 2013

Cara menampilkan Judul Posting Sebelum Judul Blog

Lagi - lagi tutorial trik blogger yang saya posting ini di khususkan untuk blogger pemula (seperti saya). Cara menampilkan judul posting sebelum judul blog pada hasil pencarian. Kebanyakan pengguna internet ketika mencari suatu informasi menggunakan search engine yang di inginkan adalah hasil yang tepat atau minimal mendekati. Bagaimana jika artikel yang sudah kita posting tenyata judulnya akan muncul di belakan judul blog pada hasil pencarian? tentunya itu kurang mendukung datangnya pengunjung blog melalui search engine.

Contoh kasusnya seperti ini sob!. (ini tidak berlaku untuk para master blogger ya, hehe). Judul blog kita adalah Blog Dedel Dowel, dan di dalam blog tersebut memiliki satu artikel trik seo yang berjudul membuat blog agar cepat terindeks search engine. jika blog menggunakan default kode, maka tampilan yang akan muncul pada hasil pencarian atau search engine adalah "Blog Guwe | MembuatBlog Agar Cepat Terindeks Search Engine", atau bisa jadi tampilan yang muncul broken jika kita menggunakan judul postingan terlalu panjang, baca disini Jumlah Karakter Judul Postingan yang pas agar tidak broken pada hasil pencarian. Maka secara langsung itu akan membuat si pengguna search engine tidak akan melirik blog kita yang tampil pada hasil pencarian. Tentunya rugi bukan jika artikel blog kita sudah muncul pada halaman pencarian dengan keyword yang tepat tetapi tidak dikunjungi, hal itu akan membuat sepi pengunjung karena pengguna search engine merasa tidak menemukan apa yang mereka cari.

setting title seo


Nah maka dari itu, untuk menghindari contoh kasus di atas supaya tidak terjasi pada blog kita maka kita perlu melakukan sedikit pengaturan pada HTML blog kita agar judul postingan tampil terlebih dahulu sebelum judul blog.

Cara ini sangat sederhana dan hampir semua orang bisa melakukannya, bahkan pengguna Blogger pemula (seperti saya). Cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka dashboard Blogger, lau pilih Template. 
2. Klik pada Edit HTML kemudian Lanjutkan dan checklist Expand.
3. Genggunakan Ctrl + F agar leih mudah. dan cari kode ini <title> <data:blog.pageTitle/> </ title>.
4. Setelah ditemukan, ganti dengan kode berikut di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> |<data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title> </b:if>

5. Simpan.

Itu aja, dan selesai! Setelah beberapa hari nanti judul postingan blog akan muncul dahulu sebelum judul blog pada hasil pencarian di search engine Google, Bing, Yaho! dan yang lainnya.
Back To Top