rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Saturday, February 9, 2013

Etika Berkomentar Pada Blog

Etika Berkomentar Pada Blog
Hai Sobat Blogger! Menurut kalian sebagai blogger apa sih pentingnya berkomentar di blog lain? Nyari back link? Dapet back link? Nyari popularitas? Berharap kunjungan balik? Iseng? Sekedar ucapan "makasih ya" "Nice info" "Nice artikel" "Thanks udah berbagi" atau ingin menyampaikan sebuah kritik membangun, saran dan pendapat demi kemajuan informasi yang dibuat? atau mungkin yang lainnya?. Oke...Mungkin sebagian besar dari kita tau kalau aktifitas berkomentar di blog lain (apalagi yang sudah ber PR tinggi) itu penting dan berguna sebagai sarana mencari back link (khususnya yang lagi ngejar trafik atau PR). Tapi kemudian disini banyak sekali yang terlanjur kebablasan dan cara ini banyak disalah gunakan, sepertinya pemburu backlink sudah tidak tau lagi aturan dan etika yang baik dalam berkomentar, salah satu contohnya menurut saya adalah dengan cara menggunakan namanya pada kolom komentar dengan tulisan panjang sebuah judul iklan promosi, sekedar bilang pertamax, atau basa - basi bilang nice info!. Memang tidak ada salahnya kita sebagai blogger pemula (seperti saya) nyari backlink sebanyak2nya dan itu memang di sangat anjurkan, tapi apa salahnya kalau kita tetap menggunakan etika yang baik dalam berkomentar. Menurut ilmu biologi (cie - cie) system simbiosis mutualisme itu penting dan seharusnya tetap di gunakan juga dalam hal per-blogging-an supaya satu dan yang lainnya saling mendapat keuntungan dan bisa sama - sama bertahan. Jadi selain kita mencari backlink dalam berkomentar di harapkan supaya komentar yang di tinggalkan itu berkualitas dan membangun, seperti kritik, saran dan tentunya dengan bahasa yang baik pula.Komentar yang berkualitas nantinya akan menjadi satu rekomendasi kepada orang lain. Intinya sih Take and Give ya sob!


Jadi kalau kita suka blogging atau blog walking nyari backlink ataupun sekedar nyari informasi, alangkah baiknya kalau kita ninggalin komentar yang berkualitas dan memiliki etika yang baik. Saya akan bagi - bagi sedikit tips atau lebih tepatnya saran tentang hal - hal yang harus di ingat dan diperhatikan sebelum kita mengomentari tulisan/postingan di blog lain nih sob:

Satu, Memelihara kepribadian diri di jaringan online:

Memang benar antara Blogger dan pengunjung atau pembaca jarang sekali yang saling kenal apalagi ketemuan (kencan). Tetapi secara tidak langsung di dalam dunia maya sepertinya kita memiliki satu ikatan yang tak terlihat. Orang lain mungkin tidak bisa mendengar masukan dari komentar yang kita berikan, tetapi cara kita berkomentar itu akan menjadi sebuah cerminan tentang siapa diri kita di depan orang lain. Jadi orang lain bisa menilai diri kita dari cara kita memberikan komentar. Mereka akan berfikir dan mendeskripsikan tentang diri kita sesuai dengan apa yang telah kita tulis disana.

Dua, Menghormati dan menghargai sesama Blogger:

Tulisan yang di posting itu ditulis oleh seorang manusia sob, dan setiap kesalahan itu bisa saja terjadi. Dengan begitu kita harus selalu bersikap sopan saat berkomentar, seperti kata pepatah "Anda Sopan Kami Segan". Bahkan jika kita akan membuat sebuah komentar yang negatif ataupun positif kita harus tetap menggunakan kata-kata yang tidak kasar. Komentar negatif dan kasar mungkin saja bisa menyakiti perasaan pemilik blog tapi kalau itu di buat dengan kaliamat yang baik maka akan menjadi subuah motifasi bagi si pemilik blog.

Tiga, Buatlah Komentar yang Berharga:

Gak sedikit orang berkomentar sekedar basa - basi aja dan gak nyambung, contohnya "Makasih" "Artikel yang bagus", dan lain - lain, jadi kesannya mereka cuma asal komentar tanpa baca dulu isi postingannya. Seharusnya sebelum kita berkomentar baca dulu isi postinga supaya punya wawasan buat modal komentar. Kalau memang gak suka artikelnya lebih baik gak usah komentar, jangan sampai keliatan banget sekedar nyari back link aja atau dibilang komentar gak mutu, malu kan...

Empat, Buatlah komentar singkat dan tepat:

Selain disarankan supaya membuat komentar yang berharga, sebaiknya juga jangan terlalu bertele - tele, buatlah komentar yang to-the-point, singkat dan tepat sesuai dengan topik postingan.

Lima, Membuat komentar yang negatif dengan cara yang benar:

Apabila kita menilai ada satu kesalahan pada postingan, kemudian kita ingin membuat komentar kritikan, buatlah bahasanya yang sopan, bukan menghina. Dengan begitu pemilik blog akan merasa senang telah mendapat satu kritikan dan kemudian akan termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi.

Enam, Gunakan nama blog atau nama sobat.

Disarankan oleh saya (hehe) lebih baik menggunakan nama asli, nama panggilan, atau nama blog sobat saat berkomentar. Jangan terkesan ngiklan gratis ya sob, malu.. hehe.

Sip!! Segitu aja dulu tips nya sob, kalau sobat blogger ada yang punya tips - tips lain, silahkan di komen aja sob. Pemilik blog akan sangat senang kalau ada yang mau berbagi disini. Terimakasih. Salam Blogger!
Back To Top