rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Tuesday, February 12, 2013

Tips Menjalankan Rutinitas Sebagai Blogger

Apakah kegiatan blogging bagi sobat cuma untuk kepuasan pribadi? atau untuk kepentingan bisnis? Sebagai blogger kita juga harus punya sikap disiplin dalam menjalankan rutinitas blogging. Setiap perubahan - perubahan kecil yang kita lakukan dalam kegiatan per-bloggingan sesungguhnya bisa membuat kita menuju sukses dalam jangka panjang. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips menjalankan rutinitas sebagai blogger.

Update Blog Secara Teratur

Apabila blog kita sudah di kenal dan memiliki pengunjung tetap maka seharusnya yang harus dilakukan adalah update postingan secara teratur. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel yang berjudul Tips Mengatur Waktu Blogging. Hal tersebut sangat penting sehingga para pengunjung akan selalu menemukan sesuatu ang baru di dalam blog kita dan mereka akan selalu datang kembali untuk melihat postingan baru. Tapi bukan berarti kita harus posting setiap hari. Sebaiknya buat jadwal tetap kapan kita akan memposting tulisan, seminggu tiga kali atau dua kali adalah waktu yang bagus menurut pengalaman saya. Kalau kita sudah terbiasa dengan hal ini otomatis pengunjung yang sudah terlanjur kenal dengan blog kita akan kembali dengan sendirinya untuk menikmati konten yang telah kita sajikan. Oh ya dengan cara seperti itu juga nantinya kita akan sering memperhatikan kondisi blog dan blog tidak akan kelihatan membosankan karena konten yang tidak pernah update. Kemudian blog kita sepertinya hidup dan ada progress.

blogger profesional indonesia

Menanggapi Komentar

Bersikap ramah kepada para pengunjung yang meninggalkan komentar pada blog kita. Hal tersebut nantinya secara tidak langsung akan menjalin silaturahmi yang baik dan kemudian para pengunjung akan merasa nyaman karena diperhatikan kemudian mereka akan datang kembali untuk mengunjungi blog kita. Disarankan kalau bisa cek setiap komentar yang ada dan berikan sedikit masukan berharga kepada komentar pengunjung. Pengunjung akan merasa senang ketika kita bisa menjawab setiap komentar pertanyaan yang mereka ajukan. Dijamin pengunjung bakalan bookmark blog kita dan balik lagi karena mereka merasa blog kita berguna.

Posting Hal Yang Up to date

Selain update postingan secara teratur sebaiknya postingan yang di sajikan juga informasi yang up to date. Dunia internet luas dan tidak menutup kemungkinan postingan yang kita sajikan hari ini ternyaata sudah ada di blog yang lain. Jadi sebaiknya kita mencari referensi yang up to date juga agar pengetahuan yang kita miliki semakin bertambah. Informasi up to date bisa kita temukan melalui, baca - baca majalah, mencari referensi melalui blog - blog yang bagus, nonton acara TV yang informatif. Tapi mungkin kegiatan itu tidak bisa kita lakukan sekaligus dalam sehari, apalagi jika kita memiliki pekerjaan selain sebagai blogger. Tetapi setidaknya kita tetap harus mengikuti beberapa sumber referensi agar kita tetap memiliki informasi - informasi up to date sebagai bahan inspirasi dan ide - ide dalam membuat artikel.

Cerdas Dalam Hal Teknologi

Maksudnya bukan berarti kita harus menjadi gadget mania. Tapi kita harus mengikuti update informasi pada fitur - fitur blogging. Itu setidaknya akan membantu kita untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang per bloggingan. Jadi kita harus tetap mengupdate informasi tentang hal perbloggingan terutama disini adalah berita terbaru tentang Blogger. Mungkin bisa dengan cara subcribe pada situs resminya.

Luangkan waktu untuk istirahat

Walaupun disini yang kita bahas adalah rutinitas blogging sehari - hari, tapi istirahat adalah suatu hal yang penting yang harus kita lakukan. Terkadang aktifitas blogging terasa sangat melelahkan oleh karena itu kita perlu menyisihkan waktu untuk istirahat, refreshing atau meluangkan waktu untuk keluar rumah jalan - jalan. Dengan begitu pikiran kita bisa menjadi fresh kembali dan kemudian ide - ide cantik akan datang dengan mudah.

Setiap hari harus memiliki GOALS

Biasakan diri kita selalu memiliki GOALS atau tujuan yang harus di capai setiap harinya. Apapun yang kita kerjakan harus selalu memiliki tujuan dan itu harus bisa dicapai sesederhana apapun tujuan itu. Terimakasih.

Back To Top