rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Sunday, February 17, 2013

Tips Menyediakan Artikel Yang Baik

Hai sobat Blogger. Saya punya sedikit tips mengenai cara menyediakan artikel yang baik, sekedar berbagi pendapat aja yang mungkin bisa membantu para bogger pemula (seperti saya sendiri) untuk bisa menjadi lebih profesional. "Content Is The King" yap! semuanya sudah tau hal tersebut, maka dari itu konten atau artikel adalah suatu hal terpenting yang harus benar - benar di perhatikan. Walaupun blog kita memiliki design layout yang sangat menarik atau menggunakan themes yang premium dengan harga mahal, atau kita telah mengoptimasi blog abis - abisan sehingga memiliki nilai SEO yang tinggi pada mesin pencari, membuat email newsletter, share ke media sosial, tetap aja kalau konten yang kita posting tidak bermutu dan membosankan,  pengunjung tidak akan sampai lebih dari 20 menit bertahan ketika mengunjungi blog kita, dan tentunya blog kita akan bernilai sangat rendah di mata para pengunjung.

Tips Menyediakan Artikel Yang Baik

Menurut saya konten yang baik itu adalah konten yang mempunyai nilai berharga atau berguna buat para pengunjung/pembaca, entah itu tips, informasi berita, artikel motifasi, atau bahkan hanya sekedar artikel joke.

Begini penjelasannya:

Artikel Tips

Suatu artikel tips biasanya berisi tentang cara atau solusi dan itu tentu saja sangat membantu para pengunjung yang sedang membutuhkan suatu informasi cara atau solusi yang sedang mereka cari. Dengan terbantunya mereka tentu saja mereka akan merasa senang dengan blog yang menyajikannya, dan kemudian pengunjung akan kembali lagi untuk mencari artikel tips lainnya.

Artikel Informasi Berita

Di jaman modern seperti ini siapa yang tidak butuh informasi berita, usahakan dalam memposting informasi berita adalah berita yang up to date sehingga itu akan bermanfaat bagi pengunjung, dan otomatis blog akan tetap bertahan dengan pengunjung yang banyak.

Artikel Motifasi

Tentu saja artikel motifasi sangat berguna, lihat saja Pak Mario Teguh, dengan bermodalkan koleksi kata - kata motifasi dan kecerdasan tentunya, beliau bisa menjadi motifator nomor satu di Indonesia.

Artikel joke

Joke juga menurut saya berguna, karena setiap orang pasti membutuhkan refreshing, dalam hal ini adalah refreshing melalui dunia maya. Setelah  seharian berkutat dengan sibuknya tugas - tugas kantor atau kuliah, kita membutuhkan sedikit refreshing, jadi dengan membaca sedikit artikel joke akan dapat membantu mengurangi penat.

Nah, di atas itu hanya sebagian ide tema artikel saja, masih banyak lagi jenis - jenis artikel berguna lainnya yang bisa kita sajikan pada blog. Tapi sekedar ide saja tidak cukup menurut saya. Pelaksanaan lebih pnting dan juga bagaimana cara mengembangkan ide - ide tersebut. Ingat ya kawan, hati - hati dalam mengembangkan atau merealisasikan sebuah ide. Ide yang sangat cemerlang belum tentu akan berakhir dengan artikel yang baik kalau kita tergesa - gesa dan tidak memperhatikan struktur tata bahas yang baik. Tapi sebaliknya ide yang buruk bisa berakhir dengan sangat baik apabila kita bisa mengembangkannya dengan struktur bahasa yang baik dan tata letak kalimat yang baik.

Berikut ini beberpa tips sederhana dalam menyediakan artikel yang baik pada blog kita:

Jelas Maksud dan Tujuannya

Pastikan sebuah ide yang di tulis itu akan dapat di mengerti oleh para pengunjung blog yang membaca artikel kita, atau mudah dimengerti.

Sesuai Dengan Kenyataan

sebuah artikel yang baik yang harus di posting adalah seperti ini, apabila artikel itu bertema tips, pastikan hal itu sesuai dengan kenyataan atau setidaknya sudah melakukan riset agar pembaca tidak kecewa ketika mengikuti tips tersebut. Dan jika artikel yang bertema informasi, pastikan informasi itu up to date!

Keluwesan Artikel

Usahakan dalam keseluruhan postingan paragraf demi paragraf nyambung atau ngena dalam satu tema, dan terasa "klik" nya buat para pembaca.

Kepribadian Penulis

Gaya bahasa akan menjadi ciri khas tersendiri untuk kita, maka gunakanlah gaya bahasa milik sendiri, dan itu akan menjadi personal branding buat blog kita. Tapi usahakan jangan alay ya bahasanya (hehe).
Ada beberap hal yang harus di waspadai atau harus di hindari dalam menyediakan sebuah artikel, berikut adalah tips nya:
  • Kesalahan Tata Bahasa
Apabila dalam menulis artikel kita tidak menggunakan gaya bahasa sendiri, maka pertimbangklah untuk selalu mengoreksi dalam penggunaan aturan tata bahasa yang benar.
  • Selalu Koreksi Sebelum Posting
Pastikan sebelum memposting artikel ambil sedikitnya waktu 25 menit untuk meninjau atau mengoreksi ulang isi artikel dari awal hingga akhir dan jangan terburu - buru untuk memposting.
Jika kita tidak profesional maka sekarang adalah saatnya untuk menjadi profesional. Semoga bermanfaat.

Back To Top