rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, December 31, 2014

Aku Malas Berkunjung Ke Blog Itu

Blog walking memang penting untuk membangun tali silaturahmi antar blogger dan juga membangun backlink. Tapi terkadang ada hal - hal yang membuat saya menjadi malas berkunjung ke suatu blog karena ada beberapa alasan kuat yang memang menimbulkan rasa malas berkunjung. Malas disini yang saya maksud bukan dalam artian pemalas atau gak mau mengerjakan apa - apa. Malas yang saya maksud adalah kapok alias trauma karena merasa di bohongi dan tidak puas dengan layanan juga konten yang di sediakan. Saya pribadi memang tidak pandai dalam membuat kontent yang berkualitas. Tapi saya menyiasatinya dengan cara memberikan tampilan blog yang tidak merusak pandangan mata da juga sebisa mungkin menghindari kesulitan yang akan dialami oleh para pengunjung.

Saya menulis artikel ini bukan dengan maksud bentuk protes, tetapi hanya berbagi pengalaman apa yang saya dapatkan selama ini saja. Baik dari blog orang lain maupun blog saya sendiri. Waktu itu saya benar - benar merasa gak enak karena ada satu kritik atau lebih tepatnya komplain dari teman blogger gara - gara iklan floating yang ada pada blog saya menutupi konten dan juga kolom komentar. Hal itu benar - benar menyulitkan pengunjung untuk membaca artikel dan memberikan komentar. Dengan adanya kripik pedas (di baca kritik pedas) tersebut saya merasa terselamatkan dan sangat berterimakasih karena saya bisa megetahui kekurangan blog saya (blog ini memang jauh dari sempurna).
blog website annoying

Dalam dunia blogger juga ada beberapa etika yang perlu di ketahui agar tetap bisa mempertahankan pengunjung. Hal - hal semacam itu saya dapatkan dan saya cerna dari sebagian teman - teman blogger dan dari forum - forum yang sering membahas tentang  perkembangan blogger. Nah, contoh kecil kasus di atas adalah satu gambaran yang bisa membuat pengunjung jadi malas mengunjungi blog kita dan itu akan saya ceritakan pada paragraf selanjutnya. Jangankan mau balik lagi untuk nyari artikel yang lain, baru liat aja belum sampai 10 detik sudah kabur pastinya.

Beberapa hal yang membuat pengunjung jadi malas mengunjungi blog ini adalah pengalaman saya pribadi dan di dapatkan dengan cara survey kecil - kecilan. Disini saya tidak merekomendasikan sobat untuk mengikutinya, karna sobat punyak hak mutlak untuk memperlakukan apa saja pada blog yang sobat miliki.

Hal pertama yang membuat malas berkunjung ke blog adalah tampilan blog yang tidak dinamis. Terutama pada penggunaan warna, jika saya membaca tulisan yang warna nya hampir samar dengan warna dasar body pasti saya gak aka bisa bertahan lama apalagi sampai selesai membaca. Look clean dan diamis itu yang kebanyakan disukai pengunjung karena gak bikin mata cepat lelah ketika membaca.

Kemudian kecepatan loading blog juga adalah hal yang sangat penting, sebenarnya hal ini tidak perlu saya bahas karena banyak sekali para pakar blogger yang sering membahas dan juga cara penyelesaiannya. Intinya kebanyakan pengunjung malas menunggu loading blog yang lama. Belum sampai membaca sudah bosan duluan dan akhirnya pergi mencari blog lain yang lebih baik.

Blog tanpa artikel yang dimaksud. Jadi saat kita mencari sebuar artikel dengan menggunakan keyword tertentu pada search engine dan mengunjungi blog ternyata disana tidak ada artikel yang di harapkan. mungkin saja itu menggunakan tag khusus yang membuat pengguna search engine menjadi nyasar ke blog tersebut. Menjengkelkan dan pastinya gak mau lama - lama apa lagi kembali ke sana.

Iklan floating. Nah! ini nih satu hal yang membuat saya jadi minder dan malu ketika di komplain oleh salah satu teman blogger saya. Jadi waktu 2 hari yang lalu saya memasang iklan di samping kiri dan kanan blog dengan ukuran iklan 160x60. Sebelumnya saya pikir fine -fine saja karena saya cek tampilannya di laptop saya fix dan tidak mengganggu tampilan konten lainnya. Ternyata saya salah, script tersebut tidak responsive dan tidak kompatible dengan ukuran layar 12" kebawah. Saya waktu itu menggunakan laptop dengan ukuran 14" dan juga dekstop dengan ukuran layar lebih besar. Patas saja iklan itu paling banyak klik nya (hehe) ternyata iklan menutupi konten. Waaa! malu saya...takutnya di sangka sengaja biar banyak klik. Untung kan ada yang ngasih tau. Sobat saya itu ngasih komen gini "Ogah mampir lagi. Iklan floating bikin nutup form komentar. Tolong di Fix atau kasih tombol close". Waaa...! saya benar - benar kaget dan juga malu banget membaca komentar komplain tersebut. Pasalnya itu komentar di forum, dan juga kaget karna di laptop saya keliatan blog gak ada iklan yang sampai nutup apapun. Setelah saya cek lagi ternyata benar, iklan bisa nutup body blog pada tampilan layar 12" kebawah.

Setelah kejadian itu saya copot semua iklan yang ada di samping blog dan saya gak berani lagi untuk pasang sebelum script nya di perbaiki menjadi responsive. Jadi intinya adalah perlakukan pengunjung blog sebaik mungkin dan jangan buat mereka menjadi merasa kesulitan kalo sobat gak mau pengunjung jadi malas berkunjung ke blog sobat. Juga selalu double check tampilan blog sobat pada pc, gadget dan juga browser lainnya apakah fix atau tidak. Karena terkadang tampilan script atau template yang di pakai tidak sama antara satu layar ke layar yang lain dan satu browser ke browser lainnya. Seperti dalam penyusunan HTML5, tidak semua browser memiliki kemampuan yang sama dalam membaca script. Segitu aja pengalaman yang bisa saya share, terimakasih telah berkunjung. Salam Blogger!.
Back To Top