rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, September 10, 2014

Rumus Sukses SEO Untuk Artikel

Masih ada tips untuk mempermudah mendatangkan banyak kunjungan ke blog sobat tenang saja :D. Dengan mempraktekkan dan tetap fokus pada tujuan, juga jangan lupa berdoa dan berinfaq (hehe) trik yang akan di bahas ini  Insyaallah sobat jadi suka nulis lagi untuk terus eksis di blog sobat :D. Trik ini berjudul rumus sukses SEO untuk artikel. Ngapain pake di ulang ya, kan udah di sebut di bagian judul... Gak apa2 biar jelas aja :D.

Rumusnya bukanlah rumus tokcer yang akan menjamin artikel sobat langsung masuk peringkat pertama dari hasil pencarian Google, tapi paling tidak dengan melakukan trik ini artikel sobat akan layak di tempatkan pada posisi terbaik hasil pencarian.

Langkah pertama untuk melakukan trik rumus sukses SEO ini adalah dengan menentukan ide postingan. Pastikan sobat memilih ide posting yang tepat. Tepat disini dalam arti sesuai dengan keinginan sobat sendiri dan pastikan sobat mampu membuat tulisan itu dengan baik. Kemudian setelah sobat memiliki ide tersebut, silahkan sobat uji ide tersebut dengan menggunakan tools di Google Keyword Tool. Berikut ini adalah langkahnya. Datangi alamat ini Google Keyword Tools. jangan lupa ketok pintu dan ucapkan salam :D.

Setelah sobat sampai pada Google Keyword Tool, silahkan mulai analisa kata kunci dari ide postingan sobat. Misalnya disini saya akan menganalisa kata kunci "belajar seo blog". Setelah melakukan analisa pada kata kunci tadi maka hasilnya akan di tampilkan disana. Melalui hasil yang di tampilkan itu ada beberapa hal yang bisa kita analisa seperti tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut dan jumlah pencariannya di internet.

cara membuat artikel seo

Dari hasil tersebut, pastikan sobat memilih kata kunci yang tingkat persaingannya rendah tetapi tingkat pencariannya tinggi. Ingat ya sob tingkat persaingannya rendah tetapi tingkat pencariannya tinggi, jangan lupa catet! :D. Jadi kalau tingkat persainganya rendah dan tingkat pencariannya tinggi, kemungkinan besar artikel sobat akan berada pada posisi terbaik atau bisa jadi nomor satu pada hasil pencarian nanti. Selain analisa terhadap kata kunci yang tadi sobat tentukan. Sobat bisa juga menambah kata kunci alternatif sebagai pengembangan kerangka artikel juga, tetapi yang masih berhubungan dengan inti keyword contohnya seperti  "panduan seo bogspot", "seo tutorial blogspot" "seo untuk pemula" dan lain sebagainya.

Kata kunci tersebut bisa di satukan dan dikembangkan menjadi sebuah artikel dengan menggunakan tekhnik mind mapping. Mind mapping adalah tekhnik pemetaan pikiran, tekhnik ini bisa di gunakan untuk membuat artikel supaya menjadi semakin lengkap dann informatif. tentunya semua menggandung kata kunci utama dan alternatif yang tadi di bahas d atas.

rumus sukses seo

Tujuan mind mapping adalah untuk menggali sebuah topik artikel secara lebih mendalam dan menemukan hal baru yang bisa sobat tambahkan pada artikel sobat. Sobat bisa menggunakan cara manual dengan membuat skema gambar pada kertas. Atau kalau sobat mau yang lebih keren bisa menggunakan software mind mapping yang di sediakan oleh Xmind, Freemind, MindMeister, atau bisa juga menggunakan layanan online dari www.mind42.com.

Setelah terbuat kerangka dari artikel, selanjutnya adalah mengumpulkan hal2 yang diperlukan seperti gambar pendukung, draft artikel dan lain sebagainya. Langkah berikutnya adalah menulis, ya karna pada intinya kegiatan ini adalah menulis. Tulis aja apa yang sudah di siapkan tadi dengan natural dan sobat gak perlu memikirkan soal SEO dulu.

Supaya artikel sobat gampang terindeks nantinya, pastikan sobat mengatur meta tag dengan benar, atau kalau yang menggunakan CMS Wordpress bisa menggunakan Pluggin Platinum SEO Pack. Jangan lupa optimasi kata kunci pada paragraf pembuka. Dan di akhir artikel, masukan link artikel yang sedang dibuat, agar artikel mudah terindeks oleh mesin pencari.

Jika artikel sudah di publish, maka langkah selanjutnya adalah mengirim artikel pada blog direktori. Ada banyak blog direktori yang tersedia dan gratis, baik lokal maupun internasional. Kalau saya lebih suka menggunakan InfoGue.com.

Dengan mengirim artikel ke blog direktori maka artikel akan semakin mendapatkan backlink dari blog ber page-rank tinggi. Karna kebanyakan blog direktori mempunyai page rank yang tinggi. Setelah mengirim artikel ke blog direktori jangan lupa share artikel sobat ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan juga Google Plus. Supaya teman sobat dan semua orang di dunia tau (lebay :D) kalo sobat baru saja membuat artikel di bog sobat. Rekomendasikan orang lain untuk membacanya, jika artikel sobat memang berkualitas dan bermanfaat pasti mereka akan kembali lagi ke blog sobat untuk mencari artikel berkualitas lainnya.

Tips terakhir adalah jangan memusingkan soal bahasa yang sobat gunakan, selama sobat enjoy teruskanlah :D. Intinya adalah gunakan bahasa yang sederhana dan mudah di cerna. Selesai sudah trik rumus sukses SEO untuk artikel, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Salam Blogger!
Back To Top