rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, April 17, 2013

Bukan Cangkirnya Tapi Kopinya

Ngopi adalah salah satu hal yang saya sukai dan biasanya itu sering dilakukan pada saat pagi hari sebelum ke kantor atau juga pas sampai di kantor. Tetapi kali ini saya ngopi di tempat yang berbeda, saya bersama dua teman membuat janji untuk ketemu di salah satu tempat minum kopi favorit saya yaitu Exelso. Sambil berbagi cerita tentang hari - hari dan pengalaman masing - masing kami memutuskan untuk minum kopi disana, karna selain tempatnya nyaman juga cocok untuk melakukan sebuah kegiatan diskusi atau sekedar bersantai sejenak setelah penat dengan kegiatan pekerjaan. Secara kebetulan kami memang memiliki selera kopi yang sama dan kami memesan tiga cangkir jenis kopi yang kami sukai tersebut, yaitu "Excelso Premium Robusta".

Diantara kami ada yang bercerita tentang pekerjaannya, cerita kisah cintanya, dan ada juga yang curhat mengenai beratnya cobaat kehidupan yang sedang di alami. Saat sedang seru nya kami berbincang, akhirnya tiga cangkir kopi yang kami pesan datang juga. Pramu saji menyodorkan tiga cangkir dan di berikan masing - masing satu kepda kami. Tetapi ada hal yang berbeda saat kami menerima tiga cangkir kopi tersebut. Dua cangkir memiliki desain dan warna yang sama, dan satu cangkir yang lainnya memiliki desain dan warna yang berbeda. Kami memaklumi hal tersebut karena memang saat itu kondisi Exelso memang sedang sangat ramai pengunjung, jadi mungkin saja cangkir yang sama telah habis terpakai oleh pengunjung  lain dan kemudian menggunakan angkir cadangan untuk melengkapinya. 

Jadi alhasil kami menikmati tiga kopi yang sama tetapi dengan satu cangkir kopi yang berbeda. Memang hal ini adalah sesuatu yang sangat sepele tetapi dari kejadian tersebut kami dapat menyimpulkan sebuah makna yang cukup berarti untuk di pahami. Setiap orang pasti memiliki sebuah keinginan untuk selalu mendapatkan sesuatu hal yang di inginkannya terlihat sempurna. Tetapi pada kenyataanya logikalah yang harus bicara dan harus bisa di sikapi dengan baik karna setiap kejadian pasti memiliki hikmah kebaikan yang bisa di petik, seperti halnya satu cangkir kopi yang berbeda ini "Desain dan warna cangkir yang kita gunakan untuk minum kopi pada inti logikanya tidak akan menambahkan kualiatas dan nikmatnya rasa kopi yang kita minum" [Deepen On] Karena yang kita inginkan sebenarnya adalah kopi nikmatnya rasa kopi "Exelso Premium Robusta" yang kita pesan dan memang menjadi kopi favorit, bukan desain atau warna cangkirnya. Tetapi sebagai manusia biasa seringkali secara tidak sadar kita menginginkan cangkir yang desain atau warna nya lebih baik dari yang lainnya, dan yang terjadi adalah kita akan saling memperhatikan lalu membandingkan - bandingkan cangkir satu dan lainnya.


Kehidupan itu bagaikan kopi Exelso Premium Robusta. Pekerjaan, uang, jabatan, dan kedudukan adalah sebagai cangkirnya, yang mana sebagai alat untuk memuaskan kehidupan. Uang dan jabatan tidak selalu bisa menjamin bahagianya kehidupan yang dijalani jika kita tidak bisa menikmati dan mensyukuri apa yang kita miliki. Terlalu berfokus pada uang dan jabatan terkadang kita akan lupa dengan apa yang talah kita miliki saat ini dan menimbulkan rasa kehidupan menjadi pahit. Sama halnya dengan kopi dan cangkir, bagusnya desain dan warna cangkir yang kita gunakan untuk minum kopi tidak akan mengubah kualitas dan rasa kopi yang kita minum. Dan seringkali dengan memusatkan perhatian kita kepada indahnya cangkir tersebut, kita akan gagal untuk menikmati nikmatnya rasa kopi Exelso Premium Robusta yang di sajikan hari ini. “Orang-orang yang paling bahagia tidak memiliki semua yang terbaik. Mereka hanya berbuat yang terbaik dari apa yang mereka miliki.” Jadi bukan keindahan desain cangkirnyayang akan menjamin nikmatnya minum kopi, tetapi jenis kopinya yang lebih penting. [@Im_greys]
Back To Top