rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Friday, June 21, 2013

Mudah Membuat Share Otomatis

Mudah Membuat Share Otomatis
Saya bingung sebenarnya untuk memberikan judul ketika membuat postingan ini, tapi kalau kelamaan bingung nantinya malah gak posting - posting, jadi pada akhirnya saya putuskan untuk meberi judul mudah membuat share otomatis. Jika sobat penasaran maksudnya apa maka simak terus secara baik - baik sampai dengan selesai. Sebagai blogger yang memiliki aktivitas lain selain nge-ngeblog tentunya akan memanfaatkan waktu sebaik - baik mungkin untuk bisa membagi waktunya agar semua kegiatan dapat cepat terselesaikan. Ibarat kata sekali mendayung tujuh pulau terlampaui, sama dengan cara yang akan saya bahas ini yaitu membuat share otomatis postingan blog ke berbagai social media, dan juga membuat share yang lainnya secara mudah. Bahkan dengan menggunakan cara ini kita bisa membuat auto blog [yang ini tidak di anjurkan].

Cara yang akan saya bahas ini adalah dengan menggunakan layanan gratis yang ada di internet yaitu IFTTT, apa itu IFTTT? bagi sobat yang belum tau akan saya jelaskan secara ringkas. IFTTT adalah memiliki kepanjangan If This Then That. Adalah sebuah aplikasi yang dapat di gunakan untuk menghubungkan aplikasi ke aplikasi lainnya. Tujuan aplikasi ini di buat adalah agar memungkinkan data digital termasuk text, link dan gambar dapat di share atau di sambungakan  ke aplikasi web lainnya dengan sangat mudah praktis dan cepat kapan saja.

IFTTT memiliki banyak kombinasi penggabungan aplikasi web antara lain adalah, Setiap RSS Feed di teruskan ke facebook dan twitter secara otomatis. Hasil pencarian terbaru dari craiglist dapat dikirimkan atau di teruskan melalui email dan juga SMS. Kita dapat menerima notifikasi SMS secara otomatis apabila ada email baru yang masuk. Tweet kita bisa secara otomatis ditambahkan ke Google Calendar, facebook timeline, membuat timeline dan schedule update status secara otomatis. Meneruskan setiap postingan blog kita ke facebook, twitter, linkedin, dan bahkan memasang meneruskan setiap postingan blog orang lain dengan memanfaatkan RSS nya ke dalam blog kita maka secara otomatis kita akan mendapatkan postingan dari blog orang lain tersebut [auto blog, mencuri konten & sangat tidak di anjurkan]. 

Jadi dengan menggunakan layanan IFTTT maka secara sederhana, setiap kegiatan yang kita lakukan secara online dapat diatur dengan sangat mudah guna memiliki reaksi otomatis kepada sebuah aplikasi web tertentu. IFTTT adalah ibaratkan rantai atau jembatan yang dapat menggabungkan aplikasi satu ke aplikasi lainnya sesuai dengan keinginan kita sehingga hal tersebut dapat saling menunjang.

Cara melakukannya benar - benar sangatlah mudah, silahkan anda mendaftar secara gratis disini IFTTT, dan setelah mengkonformasi akun maka Anda dapat mulai membuat recipe.

Pilih menu Create a Recipe kemudian pilih aplikasi apa saja yang Anda inginkan, dan dengan memasukan beberapa data yang di butuhkan Anda dapat langsung membagikan atau mengabungkan applikasi apa saja yang sudah di sediakan disana. Beberapa aplikasi yang tersedia adalah Craigslist, Date & Time, Delicious, Dropbox, Email, Evernote, Facebook, Facebook Pages, RSS Feeds, ffffound!, Flickr, foursquare, Gmail, Google Calendar, Google Reader, Google Talk, Instagram, Instapaper, Last.fm, LinkedIn, Phone Call, Pinboard, Posterous, Read It Later, Readability, SMS, Stocks, tumblr, Twitter, Vimeo, Weather, WordPress, YouTube, Zootool.

Begitulah informasi mudah membuat share otomatis yang dapat saya bagikan, mudah - mudahan bermanfaat untuk optimasi blog dan hal yang lainnya. Harap di pergunakan secara bijak agar tidak ada pihak manapun yang merasa di rugikan. Terimakasih telah berkunjung. Salam Blogger.
Back To Top