rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Saturday, February 15, 2014

Kebiasaan Buruk Seorang Blogger

Beberapa hal sering menjadi kendala ketika menggeluti suatu bidang, apapun itu bidangnya. Disini kita bicarakan mengenai bidang kegiatan blogging tentunya.

Penulis bukan mengklaim dirinya sebagai seorang blogger [sebenernya bukan blogger sih] yang baik dan sempurna jauh dari cela, banyak sekali kekurangan-kekurangan yang semestinya harus terus di perbaiki. Berbicara mengenai kekurangan-kekurangan tersebut, nanti akan di bahas beberapa keburukan atau kebiasaan buruk penulis [red: pemilik blog ini] dalam mengelola blog nya dan dalam melalukan kegiatan bloggingnya.

Semoga hal tersebut bisa menambah wawasan kepada sesama blogger dan mampu memberi semangat untuk terus berkarya, berbagi pengalaman dan ilmu melalui blognya, memperkaya daftar bacaan dunia maya, menjalin silaturahmi kepada sesama blogger dan memberi knowledge yang positif demi maju nya kelangsungan Internet sehat.

Jadi penulis merasa banyak sekali memiliki kebiasaan buruk setelah sekian lama mondar-mandir buka tutup dashboard, mencet-mencet keyboard, tapi tidak ada kemajuan yang signifikan. Melalui tulisan ini penulis akan sharing kebiasaan buruk dalam melalukan kegiatan blogging sehingga nantinya dapat digunakan sebagai bahan renungan untuk berfikir maju dan memperbaiki langkah kedepan.

kebiasaan buruk blogger

1. Kebiasaan buruk pertama adalah tentang nulis
Ini bukan barang sepele, jika seorang blogger malas nulis, lalu apa kegiatannya? karna menurut pendapat pribadi penulis "BLOGGING IS ALL ABOUT OF WRITING READING SHARING AND BLOGWALKING". Kalau WRITING (red: nulis) aja males terus apa yang akan di SHARING? Jadi menulis itu adalah pokok utama yang harus di biasakan dan di pupuk semangatnya. Mari kita baca kembali artikel menarik ini "Tips Menjalankan Rutinitas Sebagai Seorang Blogger" agar inget lagi apa sih yang harus di jalankan secara konsisten agar blog tetap eksis.

Kalaupun memang ide untuk nulis itu tidak ada, boleh lah sesekali cari referensi dari blog berbahasa inggris kemudian kita terjemahkan dan disadur sedemikian rupa sehingga menjadi tulisan sendiri, inti sari nya saja yang kita ambil dan dimodifikasi dengan bahasa sendiri. Boleh dong, dalam pelajaran entrepreneur pun di halalkan untuk melakukan ATM.

Tapi dalam melakukan ATM diharapkan untuk selalu menghargai karya oran lain, karna menulis itu susah terlebih lebih ide nya "sangat susah", seperti yang penulis pernah keluhkan pada artikel "Menulis itu Susah" so jangan asal copy dan paste saja.

2. Kebiasaan kedua adalah tentang membaca
Hehe, pengalaman pribadi nih. Males baca adalah salah satu kebiasaan buruk blogger [red: penulis], padahal membaca itu penting untuk menambah pengetahuan dan bisa di jadikan bahan referensi. Hayo ngaku apa sobat juga males baca?

Hati-hati looh kawan suatu waktu kebiasaan itu bisa jadi masalah, misalkan ketika register ke salah satu layanan internet, disana pasti akan disuguhi TOS, nah kalo malas baca lantas TOS nya ternyata banyak yang mengambil dan melanggar privasi kita, asal klik agree saja bisa bahaya. Seperti kasus IG yang pernah ramai di dunia maya dulu.

Nah, sekarang ketauan juga nih, siapa yang suka jalan-jalan cari backlink atau promo produk? Di jamin malas baca pasti. Komen, masukin link, kemudian ngacir. Kok tau? jelas lah, komen nya aja tidak nyambung dengan artikel. Di tambah pendeknya kata-kata, nice share, thanks gan, makasih sob, wah keren tutorialnya. Sekalinya panjang paling cuman nanya gimana caranya mengatasi masalah, egois kan? XD!

Membacalah, dengan membaca akan bertambah ilmu pengetahuan. Orang pintar itu karna banyak pengetahuan dan pengetahuan itu bisa di dapat dari membaca.

3. Kebiasaan buruk ketiga adalah tentang sharing
Jangan meng-judge buruk dulu dengan judul yang di pointed 2. Percaya tidak sharing itu bisa buruk dan bisa juga baik? Ya.. kalo kita malas sharing jatuh nya adalah buruk, kebanyakan sharing juga akan terkesan tidak baik, apalagi sharing hal-hal yang kurang bermanfaat. Disini penulis memaksudkan kebiasaan buruk tentang sharing adalah ketika kita men-share sesuatu yang tidak ada manfaatnya buat orang lain. Apalagi kalau malas sharing. Hayo bingung kan? sama...

Saat ini masyarakat luas lebih suka yang simple, mudah di cerna dan bisa menyenangkan mereka. Jadi sesuatu yang simple dan memiliki efek secara langsung itu adalah suatu hal yang di minati oleh khalayak umum. Pastikan sobat memiliki sesuatu yang simple dan memiliki efek langsung itu untuk di share ke khalayak umum, kalau sobat mau tetap eksis (blog nya). Hmmm.. kalo penulis membuat paparan sedemikian rupa berarti tulisan yang ribet, bahasanya aneh dan panjang ini tidak laku dong [kebiasaan malas baca]. Tapi biarkan saja, ketika pradigma itu muncul, maka kembali ke point 1.

4. Kebiasaan ke empat adalah tentang blogwalking
Blogwalking penting? pasti! coba baca lagi artikel ini "Jalan jalan Om Blogger" siapa tau bisa menggugah semangat kita untuk tetap rajin blogwalking. Kenapa blogwalking penting, satu untuk menambah relasi sesama blogger, kedua untuk menambah backlink, dan ketiga untuk meningkatkan trafik. Engga perlu di jelaskan kan sob maksud satu persatunya.. karna pasti saudara sudah tau apa maksudnya.

So, inti pokok dari point ke empat ini adalah, tinggalkan kebiasaan buruk malas blogwalking kita. Tingkatkan relasi dan tali silaturahmi sesama blogger. Kalau malas ngunjungi blog temen yah temen pun bakalan males ngunjungi blog kita. Yang rajin ya blogwalkingnya dan kasih komen terbaik juga sopan tutur katanya demi terjalinya relasi yang baik dan juga kelangsungan blog yang kita kelola.

5. Kebiasaan buruk ke lima adalah tentang komen.
Setelah membahas blogwalking, tentunya berhubungan erat dengan komen, kalo kita cuman blogwalking saja dan tidak meninggalkan komen pastinya  tidak akan ada jejak dan siapa yang bisa kenal sama sobat dan blog sobat. Jadi jangan malas buat ngasih applause melalui sebuah komentar.

Nah, ini dia penting.. etika berkomentar di blog, coba simak kesini penjelasannya "Etika Berkomentar Pada Blog" ini udah sering di bahas, baik di blog ini maupun di blog temen-temen. Ketika kita cari relasi atau kawan tentunya kita harus memberikan kesan yang baik dan etika yang baik. Jangan berbuat seenaknya ataupun berbicara semaunya. Begitu kira-kira, tentunya kawan mengerti apa maksud yang penulis utarakan.

6. Yang ke enam adalah masalah waktu
Kebiasaan buruk dalam mengatur waktu sehingga blog menjadi blog zombie, hidup tidak mati pun bukan. Ini terutama berlaku buat penulis yang memang lebih banyak waktunya untuk kerja, sampai sampai terkadang sulit menyisihkan sedikit saja waktu untuk blogging. Penulis kira tidak banyak seorang yang memiliki pekerjaan yang menyita waktu banyak yang masih mau ngeblog.

Tapi kalau masih tetap ngotot untuk ngeblog karna sudah terlanjur hobby, salah satu cara ya harus pintar-pintar mengatur waktu, jauhkan keegoisan untuk mengacuhkan blog yang telah di bangun. Kemudian anggap blog yang telah dimiliki adalah salah satu hal penting, terdengar konyol ya.. tapi yah begitulah kadang sesuatu yang kita anggap penting belum tentu orang lain sama menilainya. Kembali ke masalah waktu, penulis punya sedikit tips yang kiranya dapat berguna. Silahkan kalau tertarik untuk baca "Tips Mengatur Waktu Blogging" dan semoga bisa mengispirasi untuk lebih pintar mengatur waktu blogging saudara.

Mohon maaf kiranya tulisan ini menyinggung saudara, tulisan ini semata-mata dibuat untuk menyemangati pengelola blog kecil ini dalam menulis dan mengatur waktu blogging, bukan untuk di tujukan kepada seseorang atau kelompok tertentu.

Back To Top