rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, March 26, 2014

Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan Ukuran Foto

Tuntutan pekerjaan kadang membuat kita harus selalu ekstra cepat dalam melakukannya, ini yang sering saya alami dan kemudian muncul ide juga cara menyiasatinya agar bisa lebih cepat tetapi tetap dengan hasil yang bagus. Pekerjaan yang berhubungan dengan foto atau gambar tentunya banyak, bahkan blogger juga selalu membutuhkan nya untuk menghias setiap artikel yang di publikasikan.

Ukuran foto yang kecil tetapi memiliki kualitas yang tetap bagus adalah sangat baik, jika kita menggunakan ms picture manager untuk mengecilkan ukuran foto maka akan sangat memakan waktu karena harus dilakukan manual satu persatu. Sebenarnya menggunakan adobe photoshop bagus terutama jika foto akan digunakan untuk postingan blog karena selain mengetahui ukuran nya disana kita juga dapat langsung melihat berapa kecepatan foto ketika loading pada browser. 

Tetapi karena disini yang dimaksud adalah me-resize foto untuk kerjaan kantor jadi saya menggunakan sofware yang bernama image resizer powertoy clone for windows. Bagus nya hasil dari resize foto tetap memiliki kualitas yang baik, pengguna juga bisa menentukan pilihan ukuran foto yang akan resize, small, medium atau large. Dan yang paling keren adalah kita bisa langsung me-resize gambar sekaligus banyak tidak satu persatu.

Cara Mudah Mengecilkan Gambar Foto

Cara kerjanya software ini cukup mudah karena menu fungsi langsung menyatu dengan menu bawaan windows. Sekarang saatnya kita menjelaskan bagaimana caranya mengecilkan ukuran foto dengan cepat dan mudah, mari kita simak sama-sama.

Cara Mudah Cepat Mengecilkan Ukuran Foto Gambar Sekaligus Banyak

1. Dapatkan image resizer powertoy clone for windows.

2. Install software nya sekarang, cara install software ini sangat mudah tinggal klik klik next dan next kemudian finish jadi tidak perlu dijelaskan disini, silahkan coba jika masih bingung tinggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah.

3. Buka folder tempat sobat menyimpan foto yang akan di kecilkan ukurannya.

4. Pilih satu persatu atau gunakan Ctrl+A untuk memilih semua nya secara cepat, kemudian klik kanan dan pilih opsi resize picture. (klik gambar dibawah untuk memperbesar).

Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan Ukuran Foto


5. Setelah itu akan muncul popup seperti gambar di bawah ini, sobat bisa pilih ukuran mana yang tepat yang akan digunakan. Kemudian lihat ada dua pilihan yang ada di bagian bawah, make pictures smaller but not longer dan resize the original pictures (don't create copies), jadi kalau sobat pilih yang pertama setelah foto di resize foto asli masih akan ada di dalam satu folder itu, tetapi jika sobat pilih yang kedua maka hanya akan ada satu foto yang telah di resize.

Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan Ukuran Foto


Selesai melakukan step-step di atas jangan lupa lihat hasil perbandingannya antara foto yang belum di resize dan yang sudah. Jika ingin benar-benar tampak beda perubahannya sobat coba resize foto yang memiliki ukuran 5 atau 6 mb, disana akan terlihat sekali perbedaan penyusutan ukuran. Jangan lupa juga periksa kualitas gambar bandingakan dengan sebelumnya apakah gambar menjadi blur atau tidak. Selamat mencoba semoga membantu. 

Back To Top