rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Thursday, April 3, 2014

Cara Menghilangkan Komentar Spam Secara Otomatis

Kata mereka para blogger, mereka sangat senang sekali apabila ada komentar yang masuk pada setiap artikelnya, itu menandakan bahwa blog banyak yang mengunjungi dan dikenal. Akan tetapi komentar juga bisa menjadi masalah bagi para blogger jika komentar itu adalah komentar spam. Sebuah komentar yang disertai link hidup di dalamnya  itu disebut komentar spam. 

Terkadang komentar spam juga terlihat bagus dan tanpa kita sadari ternyata di dalamnya ternyata memiliki link hidup, tujuan mereka biasanya menggunakan cara ini untuk mencari backlink, tetapi dengan cara yang tidak baik. Saya menemukan artikel cara menghilangkan komentar spam yang ditanami link dari sebuah blog besar yaitu Spice Up Your Blog, cara ini bukan hanya menghindari komentar dengan anchor text tetapi komentar-komentar yang terdahulupun akan ikut hilang pula.

Jika kalian ingin membaca artikel aslinya silahkan simak disini .

Cara Menghilangkan Komentar Spam Secara Otomatis


Oke, jika masih ingin tetap lanjut dengan versi bahasa Indonesia, silahkan baca sampai tuntas.

Jadi cara untuk menyembunyikan komentar spam dengan link secara otomatis pada blog ada dua cara, cara yang pertama dengan menambahkan kode CSS pada custom template, dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan jQuery.

CSS - Menggunakan sedikit kode CSS ini dapat menghapus link hidup yang ada pada komen blogger. Dengan CSS sebuah anchor text yang membuat link hidup pada sebuah komentar akan hilang.

JQuery - Dengan menggunakan sedikit kode JQuery ini akan dapat membuat sebuah link hidup yang ada pada komentar hilang tetapi anchot text tetap ada (link mati).

Silahkan lihat video tutorial berikut agar lebih jelas.



Mengunakan CSS Untuk Menghapus Links dan Anchor Text

1. Login ke Blogger >Template   > Costumise > Advance > Add CSS
2. Tambahkan kode CSS di bawah ini pada kolom CSS dan klik Apply to blog jika sudah lihat hasilnya.

.comment-content a {
display: none;
}

Menggunakan JQuery Untuk Menghapus Link Tetapi Anchor Text Masih Ada

1. Buka dashboard blogger dan klik menu drop down pada blog yang Anda pilih > Pilih menu template > kemudian pilih edit HTML.

2. Tekan tombol Ctrl+F dan cari kode </body>.

3. Copy dan paste kode yang ada di bawah ini tepat di atas kode </body>.

Kode yang berwarna merah adalah kode utama jQuery, jika Anda sebelumnya telah menggunakannya pada blog Anda, maka tidak perlu menambahkannya lagi.

<!--Stop Blog Comments http://www.spiceupyourblog.com -->
<script src="http://code.jquery.com/jquery-latest.min.js" type="text/javascript"></script>
<script> 
$('.comment-content a[rel$=nofollow]').replaceWith(function(){return ($(this).text());}); 
</script> 
<!--Stop Blog Comments http://www.spiceupyourblog.com -->


Dengan menggunakan cara ini mulai sekarang tidak perlu repot lagi untuk moderasi komentar, dan juga tentunya tidak perlu takut lagi komentar spam yang masuk sesuka udelnya. Artikel ini copy paste dari blog Spice Your Blog, jika ingin lebih jelas lagi silahkan kunjungi penulis aslinya.
Back To Top