rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Monday, April 7, 2014

Cara Mudah Memasukan Audio Musik ke Video

Audio atau musik pada video adalah bagaikan creamer jika di campur dengan kopi, ditambahkan lebih baik tidak di tambahkan juga tidak begitu buruk (susah kan dipahami). Yang suka kopi mix gula pasti tau dah :).

Itu sih tergantung dari segi mana Anda akan menilai dan juga pada jenis video seperti apa. Karena tidak semua video akan bagus apabila diberikan audio/musik. Jika menurut Anda audio itu penting sekali untuk video yang Anda miliki, maka alangkah baiknya membaca tutorial ini sampai selesai.

Belakangan ini saya sering mengunjungi situs youtube guna mencari musik-musik ber-genre hardrock, tanpa di sengaja melihat beberapa video-video yang hanya berisikan gambar pemandangan dan slide foto. Setelah mencoba menonton beberapa video tersebut ada yang menggunakan musik ada pula yang tidak. Tentu saja video sejenis ini jika tidak menggunakan musik jadi terasa hambar ketika di tonton. Jadi kesimpulan saya video sejenis inilah yang paling sangat pantas untuk diberikan audio/musik.

Iseng punya iseng saya dan teman blogger saya +Haikal Sulaiman  jadi tertarik untuk mencoba memasukan audio/musik ke dalam video tutorial yang kami punya. Rencananya itu video akan di upload ke youtube untuk sekedar berbagi sesama pengguna youtube. Dan begini langkah-langkah yang kami lakukan ketika memasukan audio/musik ke dalam video tutorial kami. Bagi yang butuh informasi ini silahkan di baca sampai selesai agar lebih mengerti.

cara memasukkan audio ke video

Gunakan software Movie Maker yang Anda miliki. Sebenarnya untuk menambahkan audio/musik kedalam video dapat dilakukan di situs youtube. Syaratnya harus ada koneksi internet, dan kekurangannya adalah disana tidak tersedia semua musik yang kita mau. Kekurangan lainnya adalah kita tidak dapat mengunggah musik atau lagu yang ada di komputer kita ke dalam editor video youtube, tetapi dengan Movie Maker itu bisa dilakukan.

Catatan: secara umum setiap PC yang menggunakan Windows OS memiliki software Movie Maker.

Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama. (klik gambar untuk memperbesar). Setelah Movie Maker terbuka, klik menu drop down yang ada di bagian sudut kiri atas > proyek baru.

memasukan audio ke video

Pilih menu "Tambahkan Video dan Foto" dari komputer Anda. Disini Anda dapat membuat video slide dengan cara mengunggah koleksi foto yang Anda miliki. Tetapi jika akan mengunngah video yang sudah jadipun tidak masalah.

memasukan audio ke video

Selanjutnya setelah video atau koleksi foto (yang mau Anda jadikan video) di unggah, langkah selanjutnya adalah menambahkan audio/musik dengan cara klik menu "Tambahkan Musik" dan pilih audio/musik yang ada di komputer Anda.

memasukan audio ke video


Setelah video dan audio/musik menjadi satu Anda dapat menyesuaikan dan mengatur menu tambahan yang ada pada menu bar. Mulai dari mengatur durasi, mengatur tempo, memberikan judul dan text, mengatur efek transisi. Langkah terakhir adalah menyimpan video yang telah selesai Anda edit. Dengan Movie Maker ini juga, video dapat langsung di-upload ke beberapa situs seperti youtube, onedrive, facebook, vimeo, flickr dan grup jika PC anda terhubunga dengan jaringan internet. (lihat pada gambar di bawah ini dan klik untuk memperbesar).

memasukan audio ke video

Terimakasih sudah membaca tutorial sederhana cara memasukan audio musik de dalam video saya ini, semoga dapat membantu pekerjaan Anda. Jika ada hal yang kuran jelas atau sulit untuk dipahami jangan sungkan untuk memberikan pertannyaan dengan mengisi kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Salam.
Back To Top