Sebelumnya kita sempat membahas seputar blog, Nah pada kali ini kita perdalam pengertian kita mengenai blog, sehingga nantinya pemasaran yang kita lakukan lewat blog akan menjadi luar biasa. Sudah siap mulai?
Apa Itu
Blog?
Merupakan
singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang meyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urut terbalik (isi baru dahulu
kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs
web seperti ini biasanya dapat diakses semua pengguna internet sesuai dengan topic
dan tujuan pengguna blog tersebut (menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Seperti halnya dengan mesin, blog juga
memiliki jenis. Nah, inilah yang perlu anda dan saya ketahui.
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari dari internet sampai saat ini jenis-jenis platform blog yang ada antara lain: WordPress, Blogspot, Blogsome, Movable Type, TypePad, Dotclear, Croogo, FlatPress, Globber, Habari, LifeType, Mi-Dia Blog, NibbleBlog, Nucleus CMS, Open Blog, Pritlog, Serendipity, SweetRice, Textpattern, Zomplog, Blog, Livejournal, Blogdrive, Multiply, My Opera, Tumblr, di antara blog tersebuta ada yang free dan banyak pula yang premium.
Secara
sederhana, blog itu blog itu bisa kita artikan sebagai salah satu bentuk
website, dimana kita bisa memposting (mempublikasikan) berbagai artikel, entah
itu untuk promosi produk, untuk publikasi profil, berbagai catatan harian,
menulis opini, dan sebagainya. Tidak hanya menampilkan artikel, tapi blog juga
bisa digunakan untuk menampilkan berbagai bentuk inovasi lain seperti
menampilkan video, gambar, aplikasi tertentu, dan masih banyak lagi. Agar lebih
jelas lagi, berikut contoh sebuah blog, Anda bisa mengakses contoh sebuah blog
di http://megaproperti.com. Didalam blog
tersebut Anda dapat menemukan sebuah portal iklan baris gratisan untuk semua jenis promosi yang oengguna internet ingin tawarkan.
Setiap blog
bisa dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya ada orang yang menggunakan media
blog untuk mempublikasikan catatan hariannya, ada pula yang memanfaatkan blog
untuk publikasi perusahaan, ada yang memanfaatkan blog untuk mempromosikan
produknya, ada yang menjadikan blog sebagai sarana publikasi pikiran dan
opininya, dan masih banyak lagi.
Beragam
kategori blog ada di internet, mulai dari blog untuk bisnis, blog catatan
harian, blog kesehatan, blog komunitas, blog perjalanan, blog sastra, dan masih
banyak lagi.
Seelain
bisa dipakai untuk mempromosikan produk Anda, blog juga bisa kita gunakan untuk
membangun relasi yang lebih baik dengan para konsumen dan pembeli produk kita.
Di blog sudah ada fasilitas kotak komentar, dimana setiap penggunjung blog Anda
bisa member tanggapan mengenai artikell dan berbagai konten yang Anda
publikasikan. Nah dari sinilah komunikasi antara para penjual dan pembeli
produk bisa terjalin.
Perlu
diketahui bahwa tujuan kita membuat blog adalah untuk menjadi alat pemasaran
produk kita. Blog ini berbeda dengan toko online, kenapa? Sebab kalau toko
online itu fungsinya menampilkan produk dan tempat terjadinya proses jual beli,
sementara blog lebih kea rah promosi dan penawaran, sehingga isinya lebih kea
rah pemberian pesan promosi terkait produk Anda.
Jadi di
blog nanti kita bisa menampilkan berbagai artikel seputar produk Anda, entah
itu cara pemakaian produk, manfaat produk, testimonial konsumen, berita seputar
bisnis/perusahaan Anda, dan berbagai artikel yang berkaitan dengan produk Anda.
Salam sukses untuk para pembaca!