rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Saturday, October 13, 2012

Apa Itu Blog?

Sebelumnya kita sempat membahas seputar blog, Nah pada kali ini kita perdalam pengertian kita mengenai blog, sehingga nantinya pemasaran yang kita lakukan lewat blog akan menjadi luar biasa. Sudah siap mulai? 

Apa Itu Blog? 

Merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang meyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urut terbalik (isi baru dahulu kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan pengguna blog tersebut (menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Seperti halnya dengan mesin, blog juga memiliki jenis. Nah, inilah yang perlu anda dan saya ketahui. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari dari internet sampai saat ini jenis-jenis platform blog yang ada antara lain: WordPress, Blogspot, Blogsome, Movable Type, TypePad, Dotclear, Croogo, FlatPress, Globber, Habari, LifeType, Mi-Dia Blog, NibbleBlog, Nucleus CMS, Open Blog, Pritlog, Serendipity, SweetRice, Textpattern, Zomplog, Blog, Livejournal, Blogdrive, Multiply, My Opera, Tumblr, di antara blog tersebuta ada yang free dan banyak pula yang premium.


Secara sederhana, blog itu blog itu bisa kita artikan sebagai salah satu bentuk website, dimana kita bisa memposting (mempublikasikan) berbagai artikel, entah itu untuk promosi produk, untuk publikasi profil, berbagai catatan harian, menulis opini, dan sebagainya. Tidak hanya menampilkan artikel, tapi blog juga bisa digunakan untuk menampilkan berbagai bentuk inovasi lain seperti menampilkan video, gambar, aplikasi tertentu, dan masih banyak lagi. Agar lebih jelas lagi, berikut contoh sebuah blog, Anda bisa mengakses contoh sebuah blog di http://megaproperti.com.  Didalam blog tersebut Anda dapat menemukan sebuah portal iklan baris gratisan untuk semua jenis promosi yang oengguna internet ingin tawarkan.

mega properti

Setiap blog bisa dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya ada orang yang menggunakan media blog untuk mempublikasikan catatan hariannya, ada pula yang memanfaatkan blog untuk publikasi perusahaan, ada yang memanfaatkan blog untuk mempromosikan produknya, ada yang menjadikan blog sebagai sarana publikasi pikiran dan opininya, dan masih banyak lagi.

Beragam kategori blog ada di internet, mulai dari blog untuk bisnis, blog catatan harian, blog kesehatan, blog komunitas, blog perjalanan, blog sastra, dan masih banyak lagi.

Seelain bisa dipakai untuk mempromosikan produk Anda, blog juga bisa kita gunakan untuk membangun relasi yang lebih baik dengan para konsumen dan pembeli produk kita. Di blog sudah ada fasilitas kotak komentar, dimana setiap penggunjung blog Anda bisa member tanggapan mengenai artikell dan berbagai konten yang Anda publikasikan. Nah dari sinilah komunikasi antara para penjual dan pembeli produk bisa terjalin.

Perlu diketahui bahwa tujuan kita membuat blog adalah untuk menjadi alat pemasaran produk kita. Blog ini berbeda dengan toko online, kenapa? Sebab kalau toko online itu fungsinya menampilkan produk dan tempat terjadinya proses jual beli, sementara blog lebih kea rah promosi dan penawaran, sehingga isinya lebih kea rah pemberian pesan promosi terkait produk Anda.

Jadi di blog nanti kita bisa menampilkan berbagai artikel seputar produk Anda, entah itu cara pemakaian produk, manfaat produk, testimonial konsumen, berita seputar bisnis/perusahaan Anda, dan berbagai artikel yang berkaitan dengan produk Anda.

Salam sukses untuk para pembaca!
Back To Top