rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Saturday, October 27, 2012

Mengenal CMS WordPress

Mengenal CMS WordPress

Mengenal CMS WordPress

Setelah kita bahas cara mimilih nama domain dan cara mendapatkan layanan hosting gratis, juga cara menghubungkan domain ke hosting, berarti blog kita siap untuk digunakan, Oleh karean ini pada postingan kali ini saya akan membahas proses pembuatan blog. Kita akan melakukan instalasi CMS WorsPress, mengenal WordPress, dan membahas beberapa pengaturan dasar di blog kita.

CMS adalah singkatan dari Content Management System, yang bila kita artikan dalam bahasa Indonesia artinya sistem pengelolaan konten. Maksudnya begini, CMS itu mirip seperti sebuah software/aplikasi/mesinnya sebuah website yang bisa mengatur seluruh kerja website, mulai dari pengelolaan artikel, pengelolaan file multimedia (gambar, video, suara, dan sebagainya), pengelolaan optimasi website dan berbagai hal seputar kerja suatu website.

CMS ini sangat diperlukan untuk membangun website dinamis. Nah, blog itu termasuk salah satu website dinamis, dimana kita bisa melakukan perubahan pada website secara cepat, mudah, dan tanpa mengganggu kinerja website.

Ada banyak CMS di internet, mulai dari CMS toko online, personal blog, website forum, dan banyak lagi. Nah, CMS yang cukup populer untuk dipakai dalam pembuatan serta pengelolaan blog adalah WordPress, Jomla, dan Blogger. Disini kita akan memilih WordPress. Kenapa? Sebab WordPress merupakan CMS yang sangat powerfull. tangguh, dan punya segudang fitur yang siap membantu kita membangun blog canggih.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan CMS WordPress dibanding CMS blog lainnya.
  • Gratis Softwarenya. Ya, kita tinggal download saja software WordPress di situs www.wordpress.org. Tentunya memakai WordPress akan menghemat biaya kita, sehingga kita tidak perlu menyewa webmaster untuk membuat CMS bagi blog kita.
  • Tersedia banyak theme gratis. Theme merupakan template yang sudah jadi dan bisa kita gunakan untuk menjadi tampilan blog kita. Di internet ada banyak sekali theme yang tersedia dengan berbagai kategori. Jadi nanti kita tinggal memilih mana yang paling cocok dengan blog kita.
  • Tersedia banyak plugin super dan gratis. Plugin merupakan sebuah komponen tambahan yang berfungsi untuk menambah kinerja atau fitur di website kita. Nah, untuk pemakai wordpress, sudah ada banyak plugin yang siap membuat blog Anda makin canggih, Anda tinggal memilih mana yang Anda butuhkan dan sukai.
  • Mudah digunakan (User Friendly). Ya, buat apa puny CMS paling canggih sedunia tapi susah di kelola. Di WordPress tidak begitu, siapapun bisa menggunakannya dengan mudah. Ya, memang sih di awal sedikit kaku, tapi kalau sudah terbiasa pasti lebih mudah dibandingkan CMS lainnya, karena CMS ini mudah dipahami.
Sebenarnya masih ada banyak kelebihan ari CMS WordPress, lebih detailnya anda dapat membaca di http://wordpress.org/. Sumber gambar disini.

Selamat mencoba, semoga sukses bagi Anda para pembaca Mengenal CMS WordPress.
Back To Top