rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Sunday, October 21, 2012

Cara Mendapatkan Layanan Hosting Gratis

Cara Mendapatkan Layanan Hosting Gratis

Setelah berhasil mendapatkan nama domain yang akan digunakan sebagai alamat blog, maka selanjutnya kita perlu menyiapkan hosting. Hosting nanti berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua file penyusun blog kita di internet. Sama halnya dengan domain, hosting juga ada yang gratis ada yang bayar.

Tentunya layanan hosting berbayar akan lebih baik dibanding hosting gratis. Ada banyak sekali penyedia layanan hosting di internet, baik yang berasal dari Indonesia maupun yang berasal dari luar negeri. Contoh penyedia layanan hosting yang cukup terkenal antara lain HosGator.com, BlueHost.com, HawkHost.com, Name.com, dan ada pula layanan host dari Indonesia yang cukup baik adalah pasarhosting.com.

Akan tetapi disini kita akan membahas layanan hosting gratis saja. Kenapa? Sebab ketika baru belajar membuat blog/website akan lebih baik memakai hosting gratis dulu. Memakai hosting berbayar sih boleh-boleh saja, semua kembali kepada pilihan Anda. Namun jangan khawatir. meskipun gratis saya akan tunjukan layanan hosting gratis yang cukup lumayan memuaskan.

Kita akan memakai layanan hosting dari 000webhost.com. Silahkan jalankan beberapa langkah berikut untuk mendapatkan layanan hosting dari 000webhost.com.

1. Silahkan kunjungi situs http://www.000webhost.com/order.php dari browser Anda.

2. Anda akan menemukan formulir pendaftaran, isi formulir tersebut dengan kebutuhan sebagai berikut.
  • I want to host my own domain, isi dengan nama domain yang sudah Andad beli. Jika Anda belum mengetahuinya silahkan baca cara mendapatkan nama domain.
  • Your name: isi dengan nama lengkap Anda.
  • Your Email: isi dengan alamat email Anda.
  • Password: masukkan kata sandi untuk akun hosting Anda.
  • Type password again: masukan kembali kata sandi yang tadi Anda masukkan.
 3. Jangan lupa untuk memasukkan verifikasi kata yang ada, beri tanda centang pada I agree to Term of Service. Lalu klik tombol create my account. 
 
4. Setelah proses pendaftaran berhasil, Anda akan dibawa ke akun hosting anda.
 
5. Anda diminta untuk melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email.Untuk itu silahkan cek email yang tadi Anda daftarkan di alamat 000webhost.com. Nanti Anda akan menemukan email konfirmasi dari 000webhost.com, buka email tersebut lalu klik link konfirmasi yang ada di dalamnya.
 
6. Setelah link konfirmasi itu di klik maka Anda akan diarahkan ke akun hosting Anda. Silahkan klik tombol Go to CPanel.

Nah akan tampil CPanel hosting Anda. Dari CPanel inilah semua pengelolaan mengenai hosting Anda akan dilakukan. 

Demikian artikel Cara Mendapatkan Layanan Hosting Gratis Selamat mencoba semoga Anda sukses!
Sumber gambar disini.
Back To Top