Menentukan Nama Domain yang Akan Digunakan

Sebelum membeli suatu domain, ada baiknya kita menentukan dulu nama domain yang akan kita gunakan. Nah, dipembahasan kali ini mari kita tentukan nama domain yang akan kita gunakan. Berikut ini langkah-langkahnya.

Pilih jenis ekstensi (akhiran) domain yang ingin Anda gunakan, sesuaikan dengan artinya masing-masing. Jika untuk blog organisasi pakailah dimain .org, akan tetapi jika untuk perusahaan/bisnis pakailan domain .com.

Setelah menentukan jenis akhiran domain yang akan digunakan, pikirkan nama domain yang akan Anda gunakan. Usahakan untuk memilih nama domain yang mengandung kata kunci dari produk yang Anda pasarkan. Misalnya Anda memasarkan produk baju bayi, maka usahakan memilih nama domain seperti jualbajubayi.com atau bajubayi.com dan lain sebagainya. Namun juka Anda tidak ingin menggunakan kata kunci pada nama domain, Anda bisa mencantumkan nama perusahaan/bisnis Anda pada domain. Misalnya saja www.jefferlysuperclub.com, www.pusatmedia.com, dan lain sebagainya.

Dalam memilih nama domain, pilihlah nama domain yang mudah diingat dan tidak ribet.

Anda bisa menggunakan google adwords untuk mencari nama domain, disana anda bisa memasukan kata kunci yang anda inginkan dan melihat data pencarian oleh pengguna internet di seluruh dunia berapa banyak pencarian kata kunci itu dalam sehari ataupun sebulan.

cara daftar domain


Mendaftarkan Nama Domain


Jika Anda sudah menentukan nama domain yang akan digunakan, maka kita akan mulai melakukan pendaftaran domain, berikut langkah-langkahnya :
  1. Kunjungi situs penjual domain yang Anda inginkan, ada banyak situs penjual domain di internet. salah satunya untuk penjual domain lokal adalah pasar hosting. yang beralamat di Bogor.
  2. Pilih situs penjual, biasanya sudah tersedia kotak regristrasi domain. Nah isi kotak registrasi tersebut dengan nama domain yang Anda inginkan. Pilih juga akhiran domain .com yang Anda inginkan, setelah itu klik tombol search.
  3. Jika domain yang Anda daftarkan masih tersedia, maka Anda bisa segera mendaftarkannya. amun jika domain tersebut sudah digunakan orang lain, silahkan Anda coba nama domain yang lain.
  4. Untuk mencoba nama domain yang lain, silahkan masukkan nama domain yang lain pada kontak yang tersedia, lalu pilih ekstensi domain yang ingin digunakan.
  5. Jika domain tersedia maka langsung akan ada tulisan "domain ini belum terdaftar pesan sekarang juga"
  6. Selanjutnya beri tanda centang pada tambahan "DNS management, Email forwarding, dan ID protection.
  7. Selanjutnya isi formulir pendaftaran yang tersedia dengan data-data yang baik dan benar.
  8. Untuk bagian yang lain Anda bisa sesuaikan dengan settingan awal, jangan lupa beri tanda centang pada pernyataan saya telah membaca, memahami dan menyetujui Term of Service lalu klik tombol selesai.
Lalu dihalaman berikutnya Anda akan mendapati sebuah faktur tagihan nama domain Anda. Data tagihan Anda ada dihalaman tersebut.

Silahkan tutup halaman faktur tersebut lalu buka email yang tadi Anda daftarkan di pasarhosting.com, Di email Anda, Anda akan menemukan email dengan subjek tagihan, buka email tersebut dan didalamnya Anda akan menemukan tagihan cara pembayarannya, dan bagaiman prosedur cara konfirmasi pembayaran domain Anda.

Sampai disini silahkan bayar tagihan domain Anda. Jika sudah dibayar jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran sesuai cara yang sudah ditentukan oleh si penjual domain. Jika konfirmasi pembayaran nanti sudah dilakukan, maka Anda akan segera mendapatkan pemberitahuan bahwa domain Anda sudah aktif dan bisa Anda kelola. Setelah itu Anda perlu mendapatkan Hosting untuk mengelola website dengan domain yang telah Anda dapatkan tadi.  Untuk artikel Cara mendapatkan layanan Hosting Anda dapat membacanya di postingan saya yang lain.

1 Response to "Menentukan Nama Domain yang Akan Digunakan"

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.