Raprox Band Asal Pekalongan - Berani Tampil Wagu

Sebagai putra Kota Batik rasanya saya bangga ternyata Pekalongan memiliki sebuah band yang sangat kreatif dan qualified. Sebenernya sudah lama sekali saya mendengar keberadaan band ini dan sudah lama pula saya memiliki beberapa Hits nya, namun baru kali ini saya sempat posting mengenai band tersebut.

Di beberapa blog telah membahas tentang band ini sebenarnya, tetapi entah kenapa rasanya saya ingin sekali membahasnya lagi pada blog saya. Band ini bernana Raprox yang mengusung musik dengan dasar RAP dan ROCK ALTERNATIVE, yang membuat unik pada band raprox adalah lirik lagu yang di buat semua berbahasa Jawa, dan bahasa jawa tersebut adalah asli bahasa Pekalongan.

Memang pada dasarnya bahasa Jawa itu sama, tetapi setiap daerah memiliki perbedaan logat dan beberapa kosakata yang di gunakan dalam keseharian. Dan bahasa jawa yang di gunakan oleh Raprox adalah asli bahasa Pekalongan. Dengan slogan mereka yang "Berani tampil wagu", sampai sekarang saya masih suka cengengesan sendiri kalau dengerin lagu - lagunya, karena bahasa yang mereka gunakan benar-benar bahasa kami sehari-hari saat ngobrol dan bercanda tawa dengan teman-teman di tongkrongan, dan itu membuat saya pribadi selalu ingat sama temen-temen di Pekalongan sana (ingin rasanya pulang kampung) :). 

Oh ya, ngomong - ngomong slogan Berani tampil wagu pasti kalian penasaran kan apa artinya. Wagu kalo di artikan kedalam Bahasa Indonesia adalah Nyeleneh, jadi Berani tampil wagu adalah Berani Tampil Nyeleneh dan unik dan beda dari yang lain. Ya!, beda dari yang lain, unik, lucu, serta apa adanya tetapi tetap berkualitas dalam bermusik itulah Raprox, arrangement musik yang di suguhkan oleh band asli Kota Pekalongan ini memiliki kualitas yang setara dengan band - band papan atas di Indonesia, di tambah lagi musik yang mereka bawakan sangat profesional dan memiliki ciri khas, sehingga tidak membuat band ini terkesan biasa-biasa saja.

Band yang bermarkas di JL. Kusuma Bangsa no. 202 ini berdiri pada tanggal 31 Desember 2005, yang membawa misi untuk mengenalkan Kota Pekalongan lewat lagu yang dibawakan. Mereka mengusung musik beraliran ROCK ALTERNATIVE yang dikolaborasi dengan RAP.

Pada awal berdiri, band ini digawangi 6 personil :

Jay : Vocal I
Lukman : Vocal II
Agus : Guitar I
Da'an : Guitar II
Atom : Bass
Kipli : Drum

Karena adanya perbedaan idiologi bermusik yang mereka alami, Raprox mengalami perceraian dan berganti personil pada akhir tahun 2006 dengan formasi :

Jay : Vocal I
Kiko : Vocal II
Agus : Guitar I
Da'an : Guitar II
Andi : Bass
Ma'il : Drum

Formasi tersebut membuat Raprox bertambah solid, aksi personil baru bisa memikat banyak perhatian para fans Raprox. Pada pertangahan tahun 2006. Raprox berganti personil pada posisi vocal, Yulianto menggantikan Kiko di Vocal II. Dengan masuknya Yuli sebagai vocal baru, menambah semangat bagi para personil yang lain. Itu bisa dibuktikan dengan keluarnya album indie mereka yang bertajuk "HELM CAKIL".

Tapi amat disayangkan, Raprox harus kembali kehilangan 2 personil mereka, Andi dan Ma'il mengundurkan diri. Posisi yang kosong langsung diisi oleh Umar (BASS) dan Arif (DRUM). Ternyata perfome mereka tidak kalah dengan personil terdahulu. Aksi panggung Raprox bertambah heboh dengan personil baru mereka.

Singkat cerita, Raprox mengalami 2 kali pergantian personil pada posisi guitar II. Ken Zheng mengagantikan posisi Da'an tetapi tidak cukup lama, hanya dalam waktu 5 bulan dia harus memberikan posisi itu pada Ivam dikarenakan kurangnya existensi Ken Zheng terhadap Raprox. Dan terbentuklah formasi Raprox yang baru.

Jay : Vocal I
Yulianto : Vocal II
Agus : Guitar I
Ivam : Guitar II
Umar : Bass
Arif : Drum

Nah berikut ini adalah Lagu-lagu Raprox Band yang saya punya, Silahkan Didownload kalau mau :

7. Ndobol

Aku bangga menjadi orang Indonesia, dan anak Pekalongan, dengan segudang keunikannya. Tetap berkreasi dan semangat teman - teman!

2 Responses to "Raprox Band Asal Pekalongan - Berani Tampil Wagu"

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.