Tips Mudah Mendapatkan Google AdSense

Setelah membaca komentar dari beberapa temen Blogger mengenai susahnya mendapatkan approval dari Google AdSense, kali ini saya akan mencoba sharing dari pengalaman saya tentang tips cara mudah mendapatkan persetujuan program Google AdSense. Tips ini menurut saya adalah tips aman dan murni serta terpuji alias masih dalam aturan yang baik. Seperti yang kita semua tau Google AdSense memang menerapkan sebuah aturan yang lumayan ketat untuk menyetujui setiap blog yang mengajukan permohonan pengikuti program AdSense nya. Tentunya hal tersebut mempunyai alasan yang kuat yaitu untuk mengurangi penggunaan account palsu, mengurangi adanya bentuk spam, mencegah penipuan terjadi dan masih banyak lagi alasan yang lainnya. Sehingga tidak sedikit blog yang mendapatkan penolakan setelah mengajukan permohonan tersebut. Beberapa tips sederhana ini mungkin bisa membantu sobat sebelum mengajukan permohonan pada program Google AdSense.

P.S : Apabila sobat pernah mengajukan permohonan program Adsense tetapi tidak mendapatkan persejutuan maka dibalik itu pasti ada sebuah kesalahan atau kekurangan pada blog sobat yang harus di tinjau kembali, karena tidak semua pengajuan program Andsense akan di setujui, apalagi yang tidak mengikuti syarat dengan benar. Kesalahan pada saat mengoreksi applikasi pegajuan sobat bisa saja terjadi karena pihak Google AdSense juga mengunakan tenaga manusia sebagai tim pengoreksi, jadi jangan pernah berhenti untuk selalu mencoba kembali, karena batas antara kegagalan dengan keberhasilan sangatlah tipis. So, Never Give Up!

Tips Sederhana Dan Mudah Mendapatkan Google AdSense

Penggunaan Domain

Hal pertama yang perlu di perhatikan adalah penggunaan domain, karena domain adalah tolak ukur pertama sebagai bahan peninjauan. Kenapa begitu? karena sebagian besar pengguna internet lebih menyukai untuk mengunjungi blog yang menggunakan TLD atau Top Level Domain dari pada domain dengan extensi .co.cc atau .tk. Domain - domain seperti itu sering di anggap oleh Google AdSense sebagai domain yang tidak aman karena sering di gunakan oleh spammer. Jadi kalau kita mempunyai sebuah blog yang menggunakan ekstensi .co.cc dan .tk, kemungkinan besar pengajuan akan tidak disetujui oleh tim Google AdSense. Sebagai alternatifnya lebih baik menggunakan Blogspot jika tidak mampu untuk menggunakan TLD, karna Blogger juga milik Google jadi sudah otomatis dapat dipercaya.

Kualitas Blog

Sebelum mendaftar program Google Adsense, sebaiknya periksa dulu kualitas Blog. Kualitas apa saja yang perlu diperhatikan, berikut adalah kriterianya:

1. Konten
Tinjau ulang konten blog. Pastikan Blog sobat memiliki sedikitnya 50 artikel yang sudah di posting, dan 50 artikel tersebut adalah artikel yang berkualitas (tidak copy paste, informatif, dan berguna buat pengunjung). Pastikan dalam blog tidak ada konten yang berbau pornografi, konten dewasa, kekerasan, sentimen SARA, dan konten berupa h4ck1ng.

2. Trafik
Periksa laporan trafik blog. Jika pada laporan trafik tersebut menunjukan adanya banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari (organik), disini terutama mesin pencari Google (karena Adsense adalah milik Google) berarti blog memiliki sesuatu yang baik atau berguna bagi pengunjung.

3. Backlink
Periksa beberapa halaman blog sobat apakah disana sudah terdapat backlink atau belum. Sobat dapat menggunakan http://smallseotools.com untuk ini mengecek backlink. Kalau belum ada backlink, maka segeralah membangun backlink. Walaupun ini bukan langkah yang wajib dilakukan, tetapi setidaknya bisa membantu menambah nilai lebih untuk pertimbangan persetujuan tim Google AdSense saat mereview Blog sobat.Tapi sebagai catatan trafik blog harus sebanding dengan backlink yang dimiliki. Usahakan dalam membangun backlink, pilih blog yang memiliki niche yang serupa dan memiliki PR atau trafik tinggi.

4. Social Share
Lebih disukai blog yang sering di share ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus atau pada situs bookmark sosial seperti StumbleUpon, Reddit, dll, dengan begitu kemungkinan tinggi pengajuan program Adsense cepat disetujui.

5. Program PPC lain
Jika blog sobat saat ini mengikuti program iklan PPC lain, sebaiknya lepas program iklan PPC lain itu, karena itu adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Memodifikasi Desain Blog

Menurut saya desain blog yang sederhana jauh lebih baik daripada desain yang berantakan atau tidak beraturan. Desain blog sederhana akan lebih terlihat profesional daripada blog yang memiliki konten warna yang beraneka ragam, memasang widget - widget yang banyak bertebaran, dan juga pop up dimana - mana. Simak bagaimana cara memilih desain blog yang sederhana namun terlihat profesional disini. Dan yang paling penting adalah blog yang profesional lebih memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan persetujuan dari program Google Adsense dari pada blog yang berantakan. Blog sederhana dan profesional yang saya maksud adalah yang memiliki kriteria seperti berikut ini:
  • Mudah di navigasi.
  • Tidak menggunakan warna dasar dan font yang bervariasi yang dapat merusak pandangan.
  • Memiliki fasilitas search box yang mudah di akses.
  • Memiliki links yang menuju ke halaman yang penting seperti Privacy, Disclaimer, About Us, Archives, dll.
  • Memiliki fasilitas tombol jejaring sosial.
  • Memiliki link menuju ke profil Google Plus.
  • Memiliki halaman tantang autor atau pemilik blog, brisi tentang nama, biodata dan sesuatu tentang diri sobat pada laman ini sehingga team Google Adsense dapat dengan mudah memverifikasi blog sobat.
P.S : Disarankan blog memiliki About Us, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap dan Archive.

Baca Term & Condition dengan seksama

Jika sobat belum membaca Google AdSense Term & Condition, Sobat bisa membacanya di sini. Sebagian besar pertanyaan ada jawabanya disana. Term & Condition ini benar - benar berlaku dan bukan sekedar tulisan yang bisa dianggap main - main. Baca semua persyaratan dan ketentuan itu dengan seksama atau setidaknya kalau malas, baca beberapa saja sebelum melakukan pengajuan pada program Google AdSense. Hal tersebut dapat membantu menambah kemungkinan besar persetujuan oleh program Google AdSense daripada terburu - buru mengirimkan pengajuan setelah selesai mengisi semua data. Itu akan terkesan tidak baik.

Isi Semua Detail Applikasi Google AdSense Dengan Benar

Saat mendafatar pada program Google AdSense, pastikan semua ditail yang di isi itu benar adanya. Karna kesalahan sekecil apapun dapat menyebabkan penolakan applikasi yang di ajukan. Untuk menghindari kesalahan dalam pengisian detail data yang diperlukan (seperti alamat, nomor telepon, kode pin, dll) sebaiknya di tulis dulu di kertas dan memverifikasi data tersebut sedikitnya dua kali agar pasti. Setelah selesai, buka aplikasi Google AdSense dan isi masing-masing kolom dengan benar. Setelah selesai, periksa kembali setiap kolom yang telah di isi sedikitnya dua kali untuk menghindari kesalahan ketik. Pastikan nama dan alamat sesuai dengan KTP atau SIM yang sobat punya, karena suatu saat team Google AdSense akan meminta itu untuk verifikasi, dan PIN yang nantinya akan sobat dapatkan juga akan dikirim melalui surat ke alamat rumah yang sesuai dengan alamat yang dimasukan waktu mendaftar. Jadi pikir kembali untuk menggunakan alamat palsu karena Google AdSense tidak mengirimkan PIN melalui email untuk menghindari adanya tindakan penipuan, atau hanya untuk sekedar ferivikasi bahwa alamat sobat benar adanya.

Catatan: PIN yang saya maksud nantinya akan dikirim setelah kita memiliki penghasilan, ini untuk memverifikasi apakah pemilik akun spam atau real.

cara-mudah-approved-google-adsense-100%

Jangan Mengajukan AdSense Secara Berulang - Ulang

Maksudnya disini jangan melakukan pendaftaran atau pengajuan secara berulang kali dalam waktu yang berdekatan setelah terjadi penolakan. Mengajukan pendaftaran secara berulang - ulang dalam waktu yang berdekatan bisa dianggap yang melakukan pendaftaran dilakukan oleh robot yang berujung pada anggapan kegiatan spamer, dan hal itu sangat tidak disukai oleh Google AdSense sehingga mengurangi kesempatan untuk mendapatkan persetujuan. Lebih baik ketika sobat mendapatkan penolakan baca baik - baik alasan apa yang diberikan oleh team Google AdSense dan perbaiki kesalahan itu, kemudian ajukan kembali permohonan setelah menunggu selang beberapa waktu.

Jangan sekali - kali menggunakan jasa atau membayar untuk mendapatkan Google AdSense, karena kebanyakan jasa pembuatan akun Google AdSense dilakukan secara instan dan menggunakan cara  cara yang tidak disukai oleh team Google AdSense. Cepat atau lambat hal itu akan di ketahui oleh team Google AdSense dan akan berdampak buruk pada blog.

Segitu aja tips sederhana dan mudah mendapatkan Google AdSense yang bisa saya share, kalau sobat punya tips lain yang lebih baik tidak ada salahnya sobat memberikan komentar pada kolom di bawah. Kurang lebihnya saya mohon maaf apabila tips ini kurang berkenan. Untuk persyaratan lebih lengkap silahkan baca disini.

29 Responses to "Tips Mudah Mendapatkan Google AdSense"

  1. lo ane punya akun aktif tp blognya yg di tolak :(...trim infonya sob

    ReplyDelete
  2. Tapi kadang susah juga mas hampir 7 kali daftar baru di terima.

    ReplyDelete
  3. informasi yang bagus gan,, thnks sdah berbagi,,

    ReplyDelete
  4. @maryanto : sama - sama, thanks juga udah berkunjung.
    @ichwan : blog nya mungkin ada yang kurang sesuai dengan persyaratan gan...coba di baca lagi TOS nya.
    @Lulus : bisa dilihat alasan apa yang team AdSense kasih, di pelajari dan perbaiki kesalahan yang mungkin AdSense gak suka.
    @DP : sama - sama, terimakasih juga udah berkunjung.

    ReplyDelete
  5. Keren tipsnya mas, tapi lebih mudah lewat Yutube mas

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah adsense saya keluar jg bang

    ReplyDelete
  7. @toko tua : share ya caranya..
    @kang farhan : wah keren banget...bahkan yg mobile juga ya. Sukses ya.

    ReplyDelete
  8. memang ketat sekarang peraturan GA.
    saya belum berani daftarkan blog saya, karena artikel masih minim..hehehe

    terima kasih info dan tipsnya kawan..

    ReplyDelete
  9. @nakusa : wah kenapa ga berani gan dengan blog sebagus itu, keren banget blognya...profesional.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. ga ada yg butuh jasa adsense nih??

    ReplyDelete
  12. makasih mas, infonya detail sekali..
    maju terus..

    ReplyDelete
  13. Gimana cara mendapatkan template anda mas :)

    ReplyDelete
  14. terimakasih kawan informasinya..

    ReplyDelete
  15. artikelnya sangat bermanfaat kawan,,
    semoga saya bisa dapet GA juga amiin

    ReplyDelete
  16. Wah banyak hal yang harus aku perbaiki...
    Sekedar sharing, temen q punya 8 artikel unik dan aq juga sama. kok dia bisa di terima gan?
    apa itu merupakan faktor luck...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga sob kadang prosedur juga bisa menjadi fleksibel dan apapun itu peraturan tetap saja ada yang bisa skip

      Delete
  17. troma daftarnya gan, tapi pengen banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maju terus pantang mundur rawe2 rantas :D

      Delete
  18. hahaha rupanya domain saya tidak laku lagi di mata GA ya sob hahaha

    ReplyDelete
  19. Lhoo emang kenap sob domain nya :D

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.