rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Thursday, October 11, 2012

Bagaimana Memelihara Integritas Pribadi

Bagaimana Memelihara Integritas Pribadi
Menjaga integritas pribadi adalah cara yang terbaik untuk memenangkan rasa hormat dari orang lain. Apapun yang Anda lakukan sesuai dengan apa yang Anda katakan dan sesuai pula dengan nilai-nilai yang Anda percaya.

Menjaga integritas adalah suatu kebiasaan dimana tindakan-tindakan kita sesuai dengan apa yang telah kita katakan dan sesuai pula dengan apa yang kita yakini. Dengan kata lain, jika setiap hari kita :
  • Percaya A, Berkata A dan Tindakan A, maka integritas diri kita tinggi.
Contoh :

Integritas tinggi: jika Anda percaya bahwa bolos kerja itu salah (Percaya A) dan Anda selalu mengatakan kepada anak buah Anda agar tidak bolos kerja (Katakan A) namun Anda juga tidak pernah bolos kerja (Tindakan A).

Integritas rendah: Jika Anda mengeluh dan menegur anak buah ketika mereka bolos, tetapi Anda sendiri selalu bolos (walaupun Anda sudah tau itu salah). Dampaknya : anak buah Anda tidak akan mempercayai Anda ketika Anda berbicara tentang pentingnya absensi.

Sebuah slogan sederhana untuk menolong Anda mengingat bagaiman menjaga integritas pribadi adalah, Percaya A, Katakan A, Tindakan A.

Salam sukses untuk para pembaca!
Back To Top