rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, October 10, 2012

Dua Cara Memandang Kehidupan

dua cara memandang kehidupan
Berfikir positif adalah sangat penting. Tapi hanya berfikir positif tidaklah cukup, harus dikombinasikan dengan tindakan yang positif. Dalam kehidupan kita, banyak masalah-masalah bermunculan, dan orang yang positif cenderung untuk menyelesaikan masalah yang didapatnya satu persatu sehingga tidak menumpuk. Dia mampu melihat kebaikan pada setiap keadaan. Demikian pula dengan seorang manager yang positif, kapanpun dia menghadapi sebuah masalah di tempat kerja, dia akan selalu berusaha untuk meresponnya secara positif dan mencoba untuk menyelesaikannya dengan tuntas, daripada mengeluh saja atau bergosip.


Sangat penting untuk diingat bahwa kapanpun Anda menghadapi sebuah masalah, Anda dihadapkan pada pilihan untuk menanggapinya secara positif atau negatif. Contoh-contoh dari tanggapan-tanggapan positif maupun negatif terhadap masalah-masalah diberikan dibawah ini .

Ketika mendpati sebuah masalah

1. Bertindak Positif
  • Bertindak untuk menyelesaikan masalah
  • Berbicara langsung kepada orang yang bersangkutan
  • Mencari akar permasalahan
  • Berdoa/Meditasi/Mencari ilham dan kemudian bertindak
  • Mencari saran yang baik/belajar dari pengalaman kemudian bertindak
2. Bertindak Negatif

2/1. Negatif - Agresif
  •  Marah/Emosi
  • Melecahkan secara lisan/menghina
  • Intimidasi/Menakut-nakuti
  • Membanting pintu/melempar barang
  • Berkelahi
  • Gosip/memfitnah
  • Menuduh orang lain
  • Membalas dendam
  • Memaksa kepada orang lain
2/2. Negatif Pasif
  • Murung/sedih/khawatir/tertekan
  • Mengurung diri/menarikdiri
  • Mengasihani diri sendiri
  • Depresi/mudah menyerah
  • Fustrasi/Stress
  • Menyalahkan diri sendiri/membenci diri sendiri/merasa bersalah
  • Pemabok/Perokok berat/menelah obat-obatan
  • Makan berlebihan/tidak mau makan
  • Bunuh diri
Seorang manager yang positif dan selalu memecahkan setiap masalah yang dihadapinnya, akan menjadi percaya diri dan mampu. Dia akan mengembangkan ikap yang positif. "Akan selalu ada masalah di tempat kerja , tetapi saya yakin bahwa saya dapat menanganinya". Dia juga akan tampil optimis dan jernih dalam pemecahan masalah yang di hadapinnya. Siapapun yang harus dihadapinnya dalam memecahkan masalah tersebut, ia akan tetap bersikap positif menghadapinnya.

Seorang manager yang cenderung merespon secara negatif terhadap masalah yang dihadapinya akan secara bertahap menjadi lebih tertekan dan pesimis, karena dia merasa tidak yakin mampu dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapinya. Atau sebaliknya, daripada memecahkan masalahnnya, dia cenderung mengeluh dan menyalahkan orang lain saja. Hasilnya, masalah-masalah menumpuk. Ini adalah salah satu keluhan orang yang negatif, "Gara-gara orang itu maka saya harus menghadapi masalah ini, Kapan saya menyelesaikan tugas dengan baik kalau harus menyelesaikan masalah terus menerus?. Jelas manager seperti ini lebih memilih mengeluh daripada mendatangi orang yang berdangkutan untuk menyelesaikan masalah.
Back To Top