rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Wednesday, October 10, 2012

Kelebihan Metode Internet Marketing

Kelebihan Metode Internet Marketing
Mungkin Anda bertanya, kenapa sih saya perlu melakukan pemasaran lewat media internet? Nah berikut ini beberapa alasan kenapa Anda sangat perlu dan harus segera memanfaatkan internet sebagai media pemasaran.

Jumlah pemakai internet semakin hari terus bertambah dan berkembang. Berdasarkan data stastistik yang dikutip dari http://www.internetworldstat.com, Indonesia pada tahun 2011 menempati dengan jumlah pemakai internet sebanyak ke 4 di Asia, dibawah China, India, dan Jepang. Jumlah pemakai internet di Indonesia diperkirakan telah lebih dari 55 juta orang (nyaris 1/4 dari jumlah penduduk Indonesia). Tentu jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi.

Biaya pemasaran relatif lebih murah. Ya ini pasti, jika melakukan pemasaran secara konvensional di dunia nyata, maka uang jutaan bahkan belasan jutaan rupiah terkadang masih kurang untuk mendukung upaya pemasaran bisnis Anda. Namun tidak dengan internet, kita bisa memanfaatkan segudang sumber daya yang sudah ada untuk mengembangkan bisnis kita. Misalnya dengan memanfaatkan website, blog, promosi via iklan internet, pemasaran dengan Facebook, Twitter dan sebagainya.

24 jam sehari 7 hari seminggu. Salah satu kelebihan pemasaran lewat internet adalah adanya sistem otomatis yang bekerja. Jika di dunia nyata, rasanya jarang sekali ada toko atau perusahaan yang buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Namun berbeda dengan internet, kita bisa menciptakan sistem. Sistem seperti toko online, email marketing, peasaran via jejaring sosial itu bisa bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Selain itu Anda hanya perlu butuh beberapa karyawan saja, semua pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh sistem itu akan menjadi bagian sistem, sehingga biaya gaji karyawan bisa Anda hemat.

Simpel, efektif dan bisa diakses dari mana saja. Ya, baik Anda para pemasar, maupun target pasar Anda (calon pembeli) semuanya akan merasa simpel dan efektif. Kenapa? Sebab semua kegiatan pemasaran bisa dilakukan dari mana saja asal terkoneksi dengan internet, entah itu di kantor, di rumah, di dalam kamar, di sekolah dan lain sebagainya. Sehingga intinya pemasaran via internet itu praktis.

Inovasi sangat dikembangkan. Ya pemasaran via internet juga kaya akan inovasi. Ada banyak media yang bisa di manfaatkan untuk berinovasi, seperti berbagai aplikasi Facebook yang sudah tersedia, beragam fitur di blog/website yang bisa di manfaatkan, dan masih banyak lagi. Ingat, inovasi itu salah satu kunci sukses sebuah bisnis.

Apakah pemasaran dengan internet itu sulit?
Sama sekali tidak! Tapi butuh kerja keras, memang sistemnya luar biasa, fiturnya lengkap dan mengagumkan tapi tetap saja kalau mau sukses , fokus pada bidang yang kita kuasai, dan terus semangat untuk kerja keras.
Back To Top