rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Tuesday, October 30, 2012

Matoa Buah Unik Asal Papua

Matoa Buah Unik Asal Papua

Masih tentang buah unik, buah yang berasal dari Papua ini tergolong buah yang unik menurut saya, buah ini selain rasanya enak ternyata banyak sekali manfaatnya. Nama buahnya adalah matoa, dan tak banyak orang yang mengetahui buah ini karena buah ini hanya sekali berbuah atau panen dalam satu tahun, panen buah matoa adalah kisaran bulan juli sampai dengan oktober.

Pohon dari buah matoa kebanyakan tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 meter dpl. Pohonnya tinggi besar, rata-rata ketinggiannya adalah 18 meter dengan diameter pohon rata-rata 100cm. Cuaca yang dibutuhkan agar pohon matoa dapat tumbuh dengan baik adalah dengan curah hujan yang tinggi.

Nah berikut ini adalah beberapa keunikan dan manfaat yang terdapat pada buah matoa:
  1. Bentuk buah oval dan berkulit hijau agak kecoklatan seperti kedondong.
  2. Daging buah matoa putih mirip seperti buah rambutan dan kelengkeng.
  3. Aroma nya seperti buah durian.
  4. Rasanya manis mirip seperti buah kelengkeng dan kenyal seperti buah nangka.
  5. Bentuk bijinya mirip seperti biji buah durian.
  6. Buah matoa banyak mengandung vitamin E yang dapat membantu meringankan stress, memberikan nutrisi pada kulit, dan juga meminimalkan resiko terserang penyakit kanker juga jantung koroner.
Karena buah ini memiliki ciri yang mirip dengan buah-buah yang lain (seperti kedondong, kelengkeng, rambutan, durian, nangka) sehingga beberapa orang dalam canda sering menyebut buah ini hasil perselingkuhan, hehe...ada-ada saja ya. Jika Anda sekalin ingin membeli buah matoa ini harganya adalah kurang lebih 30 ribu rupiah untuk satu kilogram nya. Buah matoa kebanyakan dijual di supermarket yang biasanya dikemas per setengah kilogram. Bagi Anda semua yang penasaran dengan bentuk buah matoa berikut saya lampirkan penampakannya, dan bagi Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan bisa dibeli di supermarket-supermarket.
Sumber : Dari berbagai media.

Matoa Buah Unik Asal Papua

Matoa Buah Unik Asal Papua
 Matoa Buah Unik Asal Papua
Back To Top