Cara menampilkan Judul Posting Sebelum Judul Blog

Lagi - lagi tutorial trik blogger yang saya posting ini di khususkan untuk blogger pemula (seperti saya). Cara menampilkan judul posting sebelum judul blog pada hasil pencarian. Kebanyakan pengguna internet ketika mencari suatu informasi menggunakan search engine yang di inginkan adalah hasil yang tepat atau minimal mendekati. Bagaimana jika artikel yang sudah kita posting tenyata judulnya akan muncul di belakan judul blog pada hasil pencarian? tentunya itu kurang mendukung datangnya pengunjung blog melalui search engine.

Contoh kasusnya seperti ini sob!. (ini tidak berlaku untuk para master blogger ya, hehe). Judul blog kita adalah Blog Dedel Dowel, dan di dalam blog tersebut memiliki satu artikel trik seo yang berjudul membuat blog agar cepat terindeks search engine. jika blog menggunakan default kode, maka tampilan yang akan muncul pada hasil pencarian atau search engine adalah "Blog Guwe | MembuatBlog Agar Cepat Terindeks Search Engine", atau bisa jadi tampilan yang muncul broken jika kita menggunakan judul postingan terlalu panjang, baca disini Jumlah Karakter Judul Postingan yang pas agar tidak broken pada hasil pencarian. Maka secara langsung itu akan membuat si pengguna search engine tidak akan melirik blog kita yang tampil pada hasil pencarian. Tentunya rugi bukan jika artikel blog kita sudah muncul pada halaman pencarian dengan keyword yang tepat tetapi tidak dikunjungi, hal itu akan membuat sepi pengunjung karena pengguna search engine merasa tidak menemukan apa yang mereka cari.

setting title seo


Nah maka dari itu, untuk menghindari contoh kasus di atas supaya tidak terjasi pada blog kita maka kita perlu melakukan sedikit pengaturan pada HTML blog kita agar judul postingan tampil terlebih dahulu sebelum judul blog.

Cara ini sangat sederhana dan hampir semua orang bisa melakukannya, bahkan pengguna Blogger pemula (seperti saya). Cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka dashboard Blogger, lau pilih Template. 
2. Klik pada Edit HTML kemudian Lanjutkan dan checklist Expand.
3. Genggunakan Ctrl + F agar leih mudah. dan cari kode ini <title> <data:blog.pageTitle/> </ title>.
4. Setelah ditemukan, ganti dengan kode berikut di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> |<data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title> </b:if>

5. Simpan.

Itu aja, dan selesai! Setelah beberapa hari nanti judul postingan blog akan muncul dahulu sebelum judul blog pada hasil pencarian di search engine Google, Bing, Yaho! dan yang lainnya.

46 Responses to "Cara menampilkan Judul Posting Sebelum Judul Blog"

  1. thanks gan, kunjungi juga
    http:// pelajarepic.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. nah yang dari sini ndak gagal hehehehe Makasih bianget ya............
    ijin copas tuh script

    ReplyDelete
  3. @suradin sip langsung ke tksp
    @ilma silahkan sist :)

    ReplyDelete
  4. makasih gan infonya,mau nanya nih,harus tunggu beberapa hari dulu ya baru ada di search engine

    ReplyDelete
  5. makasih info nya bang :)
    mohon bimbingan nya yach ane masih baru banget nie soal blog"an ahihihi :)

    ReplyDelete
  6. bro, tau penyebabnya kenapa bisa kaya gini - http://s16.postimg.org/6ss3jzvqt/bro.png

    Tolong bantuannya :D

    ReplyDelete
  7. @Jumantoro try O. itu pake wp apa blogger sob? kalo pake wp sobat cek aja gambar sobat di galeri wp sobat, title sama alt nya bener engga...

    ReplyDelete
  8. @Jumantoro try O. Coba sobat cek pada pengaturan title blog yang di dasboard blogger, apakah sobat menggunakan atau penulisannya berbeda dengan title yang ada pada meta tag.

    ReplyDelete
  9. @rozikin roz udah saya cek sob, semuanya sama "ON - AK"... tadi saya tanya ke blg sebelah katanya gara" templatenya??

    ReplyDelete
  10. @rozikin rozudah saya cek sob, semuanya sama "ON - AK"... tadi saya tanya ke blg sebelah katanya gara" templatenya??

    ReplyDelete
  11. wah gan kebetulan banget ni, punya ane judulnya kagak muncul cuma nama blog doank :D, thank ilmunya ane coba dulu, ijin sedot

    ReplyDelete
  12. kok blum muncul

    ReplyDelete
  13. koko blum muncul judulnya

    ReplyDelete
  14. saya cari gak ada kodenya bagamaina apakah templatenya

    ReplyDelete
  15. Thank's 4 infonya, sangat bermanfaat buat aku yang masih amatir ini. Kunjungi juga blogku di musa-bertambah-ilmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. oke...sangat membantu... kunjungi blog saya dong... http://produkunggulanmalang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. wah, makasih infonya
    saya berhasil

    ReplyDelete
  18. izin copas gan.
    (modal utama harus yakin)

    belajar ngeblog gan,
    mampir ya:arishwa.blogspot.com.

    ReplyDelete
  19. @aris hwasip jangan lupa cantumin sumber kalo mau copas, tks.

    ReplyDelete
  20. @akifa nailalangsung menuju ke blog nya, makasih kunjungannya ya.

    ReplyDelete
  21. control+f
    npa gk berfungsi y?
    Tidak ada hasil ketika di Enter.

    ReplyDelete
  22. mas itu kode ditambah apa diganti..ok thx

    ReplyDelete
  23. thanks bro ..
    Kunjungi juga blog newbie ane gan
    www.prayogoyogi21.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. Makasih broooooo, punyaku bisaaaaaa, yesssss

    ReplyDelete
  25. Gan mau tanya donk.. pengunjung blog kita dah banyak, tapi setiap posting blog di pencarian tidak mau nimbul, selalu kalah sama pemain baru gimana solusinya. oia tapi gambar yg saya posting nimbul. itu yang membuat aneh. coba di lihat aja blog saya
    http://sugiatnolandscape.blogspot.com/ tolong di bantu yahh

    ReplyDelete
  26. @Sugiatno hariatno Ping artikel baru dan sebarkan melalui sosial bookmark, tapi pastikan postingan udah terindeks sama google SE, kalo masalah muncul nya pada hasil pencarian kalah dengan yang lain berarti kurang optimasi.

    ReplyDelete
  27. wah ternyata mudah ya, terima kasih mas

    ReplyDelete
  28. thaks yah..infonya membantu banget..
    www.syahrilrupli.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada admin, saya ijin copy codenya gan mau saya terapkan diblog baru ane

    ReplyDelete
  30. Gan ijin ya mau di sedot tu code. Keluhan sama malum lagi belajar hehe..
    Makasih ya. Tp ane lewat andrid bisa kaga ya

    ReplyDelete
  31. gan kodenya gak ketemu yang ada "data blog page title" terus gmn ...

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.