Cara Memasang Tombol Share Whatsapp di Blog

Artikel ringan aja ya biar mudah dicerna. Adalah "Cara Memasang Tombol Share WhatsApp di Blog" itu yang akan saya bahas di dalam postingan ini. Share atau berbagi memberikan manfaat banyak, dalam hal ini khususnya berbagi link blog anda. Hal pertama yang perlu diterapkan sebelum menambahkan tombol share WhatsApp di blog baik blogger maupun wordpress adalah kualitas artikel. Kenapa begitu? Artikel yang bermanfaat tentu saja menjadi minat ikhlas para pembaca untuk berbagi kepada teman-teman dan saudaranya. Tidak perduli cara penulisannya yang kurang baik, yang terpenting adalah inti materi yang disampaikan.

Pernahkan sebelumnya anda melihat tombol share WhatsApp pada sebuah blog atau website? Saya sering, khusunya pada website-website besar yang kontennya rata-rata berita. Tombol share whatsapp pada blog memiliki manfaat yang sangat baik. Karena setiap link artikel yang dibagikan akan dapat dengan mudah di akses oleh penerima. Berbeda dengan saat kita melakukan share menggunakan tombol twitter, facebook ataupun google+. 

Kelebihan tombol share WhatsApp di blog

  • Kelebihan utama tombol share WhatsApp adalah, karena whatsapp sebuah aplikasi instant messenger yang lebih sering di akses daripada twitter, facebook, dan sebagainya. Ketika sebuah pesan masuk kebanyakan orang akan langsung melihatnya, dan kemungkinan besar mengunjungi link yang diterima.
  • Selain daripada itu, tombol share WhatsApp lebih user friendly. Setiap orang yang akan menggunakannya tidak perlu melakukan login terlebih dahulu, seperti facebook dan twitter, tinggal klik dan share. Betapa repotnya ketika kita harus login terlebih dahulu saat ingin menekan tombol share. Pengalaman pribadi saya tidak pernah dalam kondisi login akun sosial media di browser smartphone, karena semua sosial media sudah memiliki aplikasi masing-masing.
  • Kelebihan lainnya adalah setiap orang yang mengakses internet dan membaca artikel blog/web dengan menggunakan smartphone sebagian sebar pasti memiliki aplikasi WhatsApp. Dengan begitu peluang untuk di share lebih banyak.
Semoga penjelasan di atas memberikan pemahaman apa pentingnya tombol share WhatsApp pada blog yang anda kelola. Selanjutnya adalah pembahasan inti, yaitu cara memasangnya pada blog.

cara memasang tombol share whatsapp di blogspot

Demo [Gunakan Android atau iOS anda dan lihat di bagian atas artikel ini]

Cara Memasang Tombol Share WhatsApp di Blogger/Blogspot

  • Login akun Blogger
  • Masuk ke Template >> Edit HTML
  • Cari kode </body>
  • Copy dan paste kode di bawah ini tepat di atas kode </body>
<script type="text/javascript">if(typeof wabtn4fg==="undefined"){wabtn4fg=1;h=document.head||document.getElementsByTagName("head")[0],s=document.createElement("script");s.type="text/javascript";s.src="http://techwar24.googlecode.com/svn/whatsapp-button.js";h.appendChild(s);}</script><script type="text/javascript">if(typeof wabtn4fg==="undefined"){wabtn4fg=1;h=document.head||document.getElementsByTagName("head")[0],s=document.createElement("script");s.type="text/javascript";s.src="http://techwar24.googlecode.com/svn/whatsapp-button.js";h.appendChild(s);}</script>
  • Simpan Template
  • Buka Blogger Layout atau Tata Letak
  • Klik Add Gadget >> HTML/Java Script dan copy paste kode WhatsApp di bawah ini.
Tombol WhatsApp kecil
    <a href="whatsapp://send" data-text="Take a look at this awesome website:" data-href="" class="wa_btn wa_btn_s" style="display:none">Share</a>
    Tombol WhatsApp Medium
    <a href="whatsapp://send" data-text="Take a look at this awesome website:" data-href="" class="wa_btn wa_btn_m" style="display:none">Share</a>
    Tombol WhatsApp Besar
    <a href="whatsapp://send" data-text="Take a look at this awesome website:" data-href="" class="wa_btn wa_btn_l" style="display:none">Share</a>
    • Save widget
    Tombol Share WhatsApp ini hanya berfungsi pada Android dan iOS, dan akan muncul pada versi mobile, jadi ketika anda memasang pada blog, pastikan untuk preview nya menggunakan smartphone anda.

    4 Responses to "Cara Memasang Tombol Share Whatsapp di Blog"

    1. Saya malah baru tahu om :) akan saya coba triknya nih :) makasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga berguna ya om trik nya. Terimaksih atas kunjungannya.

        Delete
    2. Maaf OOT mas, boleh minta bantuannya, saya kan pake template kayak ini juga tapi pas dibuka pake hp Related post nya kok gak muncul ya?

      ReplyDelete

    Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.