Aku Malas Berkunjung Ke Blog Itu

Blog walking memang penting untuk membangun tali silaturahmi antar blogger dan juga membangun backlink. Tapi terkadang ada hal - hal yang membuat saya menjadi malas berkunjung ke suatu blog karena ada beberapa alasan kuat yang memang menimbulkan rasa malas berkunjung. Malas disini yang saya maksud bukan dalam artian pemalas atau gak mau mengerjakan apa - apa. Malas yang saya maksud adalah kapok alias trauma karena merasa di bohongi dan tidak puas dengan layanan juga konten yang di sediakan. Saya pribadi memang tidak pandai dalam membuat kontent yang berkualitas. Tapi saya menyiasatinya dengan cara memberikan tampilan blog yang tidak merusak pandangan mata da juga sebisa mungkin menghindari kesulitan yang akan dialami oleh para pengunjung.

Saya menulis artikel ini bukan dengan maksud bentuk protes, tetapi hanya berbagi pengalaman apa yang saya dapatkan selama ini saja. Baik dari blog orang lain maupun blog saya sendiri. Waktu itu saya benar - benar merasa gak enak karena ada satu kritik atau lebih tepatnya komplain dari teman blogger gara - gara iklan floating yang ada pada blog saya menutupi konten dan juga kolom komentar. Hal itu benar - benar menyulitkan pengunjung untuk membaca artikel dan memberikan komentar. Dengan adanya kripik pedas (di baca kritik pedas) tersebut saya merasa terselamatkan dan sangat berterimakasih karena saya bisa megetahui kekurangan blog saya (blog ini memang jauh dari sempurna).
blog website annoying

Dalam dunia blogger juga ada beberapa etika yang perlu di ketahui agar tetap bisa mempertahankan pengunjung. Hal - hal semacam itu saya dapatkan dan saya cerna dari sebagian teman - teman blogger dan dari forum - forum yang sering membahas tentang  perkembangan blogger. Nah, contoh kecil kasus di atas adalah satu gambaran yang bisa membuat pengunjung jadi malas mengunjungi blog kita dan itu akan saya ceritakan pada paragraf selanjutnya. Jangankan mau balik lagi untuk nyari artikel yang lain, baru liat aja belum sampai 10 detik sudah kabur pastinya.

Beberapa hal yang membuat pengunjung jadi malas mengunjungi blog ini adalah pengalaman saya pribadi dan di dapatkan dengan cara survey kecil - kecilan. Disini saya tidak merekomendasikan sobat untuk mengikutinya, karna sobat punyak hak mutlak untuk memperlakukan apa saja pada blog yang sobat miliki.

Hal pertama yang membuat malas berkunjung ke blog adalah tampilan blog yang tidak dinamis. Terutama pada penggunaan warna, jika saya membaca tulisan yang warna nya hampir samar dengan warna dasar body pasti saya gak aka bisa bertahan lama apalagi sampai selesai membaca. Look clean dan diamis itu yang kebanyakan disukai pengunjung karena gak bikin mata cepat lelah ketika membaca.

Kemudian kecepatan loading blog juga adalah hal yang sangat penting, sebenarnya hal ini tidak perlu saya bahas karena banyak sekali para pakar blogger yang sering membahas dan juga cara penyelesaiannya. Intinya kebanyakan pengunjung malas menunggu loading blog yang lama. Belum sampai membaca sudah bosan duluan dan akhirnya pergi mencari blog lain yang lebih baik.

Blog tanpa artikel yang dimaksud. Jadi saat kita mencari sebuar artikel dengan menggunakan keyword tertentu pada search engine dan mengunjungi blog ternyata disana tidak ada artikel yang di harapkan. mungkin saja itu menggunakan tag khusus yang membuat pengguna search engine menjadi nyasar ke blog tersebut. Menjengkelkan dan pastinya gak mau lama - lama apa lagi kembali ke sana.

Iklan floating. Nah! ini nih satu hal yang membuat saya jadi minder dan malu ketika di komplain oleh salah satu teman blogger saya. Jadi waktu 2 hari yang lalu saya memasang iklan di samping kiri dan kanan blog dengan ukuran iklan 160x60. Sebelumnya saya pikir fine -fine saja karena saya cek tampilannya di laptop saya fix dan tidak mengganggu tampilan konten lainnya. Ternyata saya salah, script tersebut tidak responsive dan tidak kompatible dengan ukuran layar 12" kebawah. Saya waktu itu menggunakan laptop dengan ukuran 14" dan juga dekstop dengan ukuran layar lebih besar. Patas saja iklan itu paling banyak klik nya (hehe) ternyata iklan menutupi konten. Waaa! malu saya...takutnya di sangka sengaja biar banyak klik. Untung kan ada yang ngasih tau. Sobat saya itu ngasih komen gini "Ogah mampir lagi. Iklan floating bikin nutup form komentar. Tolong di Fix atau kasih tombol close". Waaa...! saya benar - benar kaget dan juga malu banget membaca komentar komplain tersebut. Pasalnya itu komentar di forum, dan juga kaget karna di laptop saya keliatan blog gak ada iklan yang sampai nutup apapun. Setelah saya cek lagi ternyata benar, iklan bisa nutup body blog pada tampilan layar 12" kebawah.

Setelah kejadian itu saya copot semua iklan yang ada di samping blog dan saya gak berani lagi untuk pasang sebelum script nya di perbaiki menjadi responsive. Jadi intinya adalah perlakukan pengunjung blog sebaik mungkin dan jangan buat mereka menjadi merasa kesulitan kalo sobat gak mau pengunjung jadi malas berkunjung ke blog sobat. Juga selalu double check tampilan blog sobat pada pc, gadget dan juga browser lainnya apakah fix atau tidak. Karena terkadang tampilan script atau template yang di pakai tidak sama antara satu layar ke layar yang lain dan satu browser ke browser lainnya. Seperti dalam penyusunan HTML5, tidak semua browser memiliki kemampuan yang sama dalam membaca script. Segitu aja pengalaman yang bisa saya share, terimakasih telah berkunjung. Salam Blogger!.

41 Responses to "Aku Malas Berkunjung Ke Blog Itu"

  1. Mantap kk ..
    mampir dan follow yah kk kisahdalambingkai.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka baca baca artikel di dalam blog kisah dalam bingkai sangat mengispirasi

      Delete
  2. Kalau saya paling malas pasang iklan float di samping kiri atau kanan blog sob karna seperti penjelasan sobat di atas, jgn sampai blog saya kalau dibuka lewat netbook malah iklan itu yg bikin nggak betah pengunjung nantinya. Untuk kecepatan loading blog, kayaknya blog saya udah mulai berat lagi tuh coz udah banyak iklan yg saya pasang baik di sidebar maupun dalam postingan. Mudah2an aja pengunjung nggak terlalu memperhitungkan yg itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sob, iklan yang menutupi konten pastinya sangat sangat buat kita males dan engga betah nongkrong lama2

      Delete
  3. saya lebih suka dengan blog seperti rozikinblog ini... :D

    Mau Tips Kesehatan Terbaru?
    gabung di kesehatan96.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sob masih belajar supaya bisa sediain konten yang bermanfaat.

      Delete
  4. kalau iklan dalam postingan gimana sob?? apakah mengganggu juga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak menutupi artikel sebenernya masih ok sob

      Delete
  5. Memang benar sob, pertama yang membuat pengunjung betah adalah Tampilan yg tidak membosankan. Lalu kecepatan loading yg memuaskn, dan artikel yg baik. Dan jangan memberikan widget atau apa yg dapat menyulitkan pengunjung membaca artikel kita,,
    Pernah juga sy mmasang widget melayang, tp tidak tau kalau dibuka dg netbook akan menutupi artikelnya, tp untung ad yg kritik dan akhirnya sy rubah..

    Wah postingan yg bermanfaat, bisa menjadi pelajaran.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia sob poin penting nya, pada akhirnya kita sesama blogger harus saling mengingatkan, tetapi kalo susah di ingatkan ya efeknya bisa di rasakan sendiri

      Delete
  6. Pengalaman Ane lebih parah lg,
    ane pernah berkunjung di blog yg pasang iklan melayangnya sampai menutupi tulisan "Publish" yg ada di kotak komentar. Coba itu, parah ga?

    ReplyDelete
  7. Bing.. Bing... Blogwalking...
    hmmm,, liat ajha noh... gambarnya ajha udah molor gitu karena ngunjungin blog yg loadingnya lama,,, klo aku sih sepakat sekali dengan sobat,, utamakan kenyamanan pengunjung,, bukan untuk dijadiin ternak iklan,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambarnya adalah ekspresi ketika ide tulisan ini muncul sob ya begitulah adanya, untuk masalah ternak iklan sebaiknya sewajarnya aja ya sob kalo pengunjung terpuaskan dengan sajian artikel kita insyaallah mereka akan kasih bonus hehe

      Delete
  8. Sebenarnya bukan berapa inchi layar yang digunakan, tapi berapa piksel lebar device yang menampilkan konten kita, kalau ingin mencoba cukup kecilkan saja browser kita.

    Tentang user experience (kemudahan penggunaan) dan readibility (kemudahan membaca konten) memang hal mutlak yang harus kita perhatikan dari tampilan blog kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh gitu ya.. terimakasih atas masukannya sob...

      Delete
  9. Ane salut sama taktik ente untuk menyenangkan pengunjung

    ReplyDelete
  10. srtuju sob...tampilan blog itu penting sob, yang yang penting user friendly,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bener sobat, user friendly dan easy navigate bikin pengunjung nyaman...

      Delete
  11. Blog saya belum termasuk baik tapi saya akan selalu berusaha agar menjadi lebih baik. Satu pesan saya: Kalau blog kita sudah mulai ramai pengunjung, jangan jadi sombong. Contohlah pemilik blog www.maskolis.com yang ramah. Menurut saya beliau adalah salah satu blogger yang bisa jadi panutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak telah meningatkan dan senang melihat sobat berkunjung ke blog saya yang sederhana dan jauh dari baik ini, mohon maaf jika ada artikel yang sekiranya tidak berkenan

      Delete
  12. @Adi Doyacara yang gimana sobat, bisa aja nih...saya rasa sobat jauh lebih jago dalam menarik pengunjung hehe

    ReplyDelete
  13. @Oke-Reload™ (Unik-Asyik-Nyentrik) terimakasih banyak telah meningatkan dan senang melihat sobat berkunjung ke blog saya yang sederhana dan jauh dari baik ini, mohon maaf jika ada artikel yang sekiranya tidak berkenan.

    ReplyDelete
  14. wah jadi takut nih,soalnya niat pasang iklan buat cari untung tp kalau sampai pengunjung bosan n gak mau balik lagi malah jadi buntung dong sob,kalau tampilan iklan melayang diblogku apa juga mengganggu sob?mohon masukannya agar blogku menjadi lebih baik.makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa2 gan asal gak ngalangin pandangan, dan ada tombol close, mungkin jangan terlalu banyak juga iklannya ya supaya tetap nyaman dilihat.

      Delete
  15. maksih mas, jadi masukan juga buat saya

    ReplyDelete
  16. Pengalaman yang sangat menarik. Ini bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua. Pemirsa blog adalah tamu istimewa. Mau tidak mau kita (blogger) harus memberikan layanan dan fasilitas yang baik untuk mereka, baik dari segi konten, desain blog, maupun hal lainnya.

    Terkadanga apa yang kita anggap bagus dan fix, misal tulisan ataupun tampilan blog, itu belum tentu bagus untuk orang lain. Disitulah peran teman sesama blogger. Saling mengingatkan dan memberi tahu satu sama lain agar blog kita bisa bagus kedepannya.

    Terimakasih banyak atas sharing nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiha ya sobat, sayangnya dan maaf beribu maaf saya tidak bisa membalas komentarnya panjang seperti sobat, saya cuman bisa bilang terimakasih atas kungjungannya. gudlak!

      Delete
  17. Kalau tentang "Blog tanpa artikel" ane udah sering biasa nemu kayak gitu, terutama ditempat yang untuk download music, dan mencari contoh makalah :3
    Sungguh membosankan, dan membuatku tidak mau berkunjung kesitu, karena kecewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khususnya bagi yang mencari artikel yang sedang di butuhkan sob, pasti nyesel kalo nyasar ke blog begitu

      Delete
  18. kalau blog saya iklannya hanya sekedar saja mas, yah kalau rejeki gak kemana kan mas. salam sahabat blogger mas. kunjungan perdana saya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan rejeki sudah jalannya masing masing yang penting natural aja hasilnya dan engga ada resiko

      Delete
  19. terkadang yang membuat saya berkunjung itu karena banyaknya iklan yang menggangu saat saya membaca artikel

    ReplyDelete
  20. Dan maafkan aku jarang blogwalkingan kesini, hehe...
    karena memang jarang ol, kalaupun ol kadang cuma sebentar :)

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.