rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Thursday, February 19, 2015

Cara Mengetahui Email Dibaca Atau Tidak

Tips cara mengetahui email dibaca atau tidak ini di khususkan untuk Gmail, Yahoo mail, dan Outlook. Jika pada BBM ada fitur "R" yang memiliki arti read atau menunjukkan bahwa pesan sudah dibaca. Pada WhatsApp ada fitur "double checklist berwarna biru" yang memiliki arti pesan anda sudah dilihat. Dan Facebook Messenger juga terdapat fitur "last seen" untuk menunjukkan kalau penerima pesan telah membuka pesan. Lalu untuk mengetahui email yang dikirim sudah dibaca atau belum bagaimana? Tenang saja, dalam artikel ini akan di bahas cara mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum. 

Ketika anda mengirim beberapa email penting untuk teman, keluarga atau bahkan klien bisnis. Hal yang kemudian dilakukan adalah menunggu balasan, tetapi bagaimana jika email tersebut tidak dibuka dan dibaca? Tentu saja tidak akan ada balasan yang datang. Dan bagaimana jika email itu berisi suatu hal yang penting, itu akan menimbulkan sesuatu yang kurang menyenangkan. Mungkin jika email yang anda tujukan itu kepada teman atau saudara masih bisa dihubungi melalui telepon. Tetapi jika yang anda kirimi email adalah orang yang tidak mungkin dihubungi melalui telepon, hal yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa email yang anda kirim telah dibaca.

Cara Mengetahui Email Dibaca Atau Tidak Pada Gmail, Yahoo dan Outlook


1. Menggunakan Ekstensi Rightinbox Chrome untuk Gmail

Cara Mengetahui Email Dibaca Atau Tidak

  • Install ekstensi rightinbox pada browser Chrome anda.
  • Setelah menginstal ekstensi rightinbox pada browser anda. Buka inbox Gmail, jika anda sudah membuka sebelumnya silahkan refresh.
  • Akan muncul pop up, klik untuk melanjutkan dan kemudian rightbox akanmengakses Gmail anda.
Cara Mengetahui Email Dibaca Atau Tidak

  • Sekarang coba buat sebuah email dan klik pada Track dibawah dan  kirim. Anda bisa mencobanya dengan mengirim ke alamat email anda sendiri.
  • Letika penerima membaca email maka anda akan mendapatkan notifikasi lengkap dengan detail IP address dan lokasi. 
Rigtinbox juga memiliki fungsi penting lainnya yang dapat anda gunakan, seperti membuat email terjadwal, membuat email reminder dan mengatur email agar terkirim berulang-ulang.

2. Banana Tag Untuk Tracking Gmail, Yahoo dan Outlook

Untuk mengetahui email yang anda kirim sudah dibaca atau belum pada Gmail, Yahoo mail dan Outlook, anda dapat menggunakan Banana Tag. 
  • Daftar gratis pada BananaTag.
  • Sekarang download ekstensi BananaTag pada browser Chrome anda.
  • Untuk caranya silahkan lihat video di bawah ini, sangat detail menjelaskan.


Semoga panduan cara mengetahui email sudah dibaca atau belum ini dapat dengan mudah dimengerti dan bermanfaat buat anda semua. Jika anda memiliki pertanyaan atau kebingungan ketika ingin mempraktekannya silahkan beritahu saya melalui kolom komentar dibawah. Saya akan berusaha untuk menjawab pertanyaan anda sesegera mungkin. Jangan lupa untuk berbagi panduan ini kepada teman-teman anda agar manfaatnya menyebar ke banyak orang.

Back To Top