Apa Yang Dimaksud Dengan Kedewasaan?

Apa Ysng Dimaksud Dengan Kedewasaan?
Kedewasaan sikap seseorang tidaklah tergantung dari usia seseorang. Seseorang yang lebih muda bisa saja  lebih dewasa daripada orang yang lebih tua darinya.

Seseorang yang memiliki kedewasaan memiliki keseimbangan antara ketegasan dan pertimbangan akan perasaan-perasaan orang lain.

Seseorang yang dianggap dewasa memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk melakukan apa yang dianggapnya benar tanpa khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain. Misalnya, seorang ayah yang anaknya ingin menonton TV terus menerus akan mendiskusikan hal ini dengan cara yang efektif dengan anaknya. Dia akan menunjukan ketegasannya dengan menyampaikan bahwa anaknya seharusnya tidak menonton TV terus menerus agar dapat mengerjakan hal-hal yang lebih penting. Dia juga akan menunjukan bahawa ia peduli akan perasaan-perasaan anaknya dengan menegoisasikan program apa saja yang boleh dilihat anaknya misalnya program edukatif yang penting.

Orang yang tidak dewasa cenderung terlalu tegas atau sebaliknya terlalu mempertimbangkan perasaan-perasaan orang lain.

Contohnya, jika ayahnya terlalu tegas dia akan melarang anaknya menonton TV secara total, membiarkan anaknya merasa bahwa ayahnya tidak adil. Ini adalah jalan keluar yang tidak dewasa terhadap masalah yang dihadapi. Ayahnnya sudah bertindak terlalu keras dan mengabaikan keinginan-keinginan dan perasaan-perasaan anaknya.

Jika ayahnya terlalu penuh pertimbangan, dia akan menyerah secara total dan membiarkan anaknya untuk menonton TV semaunya. Dia mungkin akan meminta anaknya untuk berhenti menonton TV, tetapi ketika anaknya menangis dan protes, ayahnya akan menyerah tanpa menunjukkan ketegasannya sama sekali.
Sumber gambar disini.

Salam Sukses!

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Kedewasaan?"

Post a Comment

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.