rozikin blog

Berbagi Pengalaman Online

Sunday, November 4, 2012

Cara Melakukan Pengaturan Permalink Pada WordPress

Cara Melakukan Pengaturan Permalink Pada WordPress

Setelah kita selesai melakukan optimasi blog WordPress dengan menggunakan plugin SEO gratis, maka selanjutnya tugas kita adalah melakukan setingan pada permalink, disini tentunya kita masih membahas blog iklan baris yang menggunakan CMS WorpPress. Permalink atau kepanjangannya permanent link adalah merupakan URL permanen untuk setiap postingan, kategori, dan halaman pada blog.

Langkah terbaik untuk melakukan pengaturan permalink adalah saat blog baru selesai di install CMS WorPress pada hosting dan belum ada postingan apapun dari blog kecuali sample posting default dari WorpPress, karena jika kita melakukan pengaturan atau mengganti format permalink dari default ke kostum setelah memposting beberapa artikel atau beberapa halaman blog telah terpublikasi maka link artikel dan halaman tersebut akan "crawl error" atau "error 404 page not found" karena sebelumnya artikel dan halaman tersebut telah terindeks atau terbaca oleh mesin pencari, dan tidak ditemukan kembali oleh mesin pencari ketika merayap halaman blog dikarenakan format link sudah di ganti dengan format baru.

Ini adalah format permalink asli atau default dari CMS WordPress.

http://domainanda.com/?p=1

Penjabaran format default permalink di atas adalah sebagai berikut:
  • namadomain.com : adalah alamat blog.
  • p : postingan atau page pada blog.
  • 1 : nomor urut postingan atau halaman blog.
Nah format link seperti ini akan menyulitkan mesin pencari dalam mengetahui judul artikel atau halaman yang telah di publikasikan, karena mesin pencari pada umumnya merayap (crawl) terlebih dahulu kedalam artikel blog guna membaca dan mencari kata kunci juga tag yang di gunakan oleh suatu blog.

Maka dari itu kebanyakan webmaster menyarankan untuk merubah pengaturan default permalink blog kita dengan format kostum yang lebih mudah agar cepat dikenali oleh mesin pencari. Format permalink yang baik adalah yang menunjukan kategori dan judul artikel pada setiap postingan, karena dengan begitu secara otomatis blog akan kaya dengan tag dan keyword pada setiap postingannya, tentunya disini adalah untuk blog iklan baris yang postingannya dipublikasikan oleh pemasang iklan atau admin blog.

Format kostum permalink yang baik pada blog WordPress iklan baris adalah:

http://domainanda.com/category/judul-artikel.html

Berdasarkan surey dan informasi dari para webmaster format permalink ini akan membuat link blog kita menjadi SEO friendly atau akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Untuk melakukan pengaturan permalink nya adalah seagai berikut:
  • login ke wp-admin.
  • pilih menu setting -> Permalink.
  • beru tanda pada Custom Structure kemudian pada kolom yang tersedia isi dengan %category%/%postname%.html.
  • klik Save.

Oh ya, sebelumnya pastikan Anda sudah merubah permission htaccess menjadi 777 agar bisa di tulisi, untuk mengecek apakah pengaturan permalink sudah berjalan dengan benar atau belum Anda bisa mngeceknya dengan cara mengakses blog Anda pada browser kemudian klik judul postingan hallo world!. Jika url atau link yang muncul pada browser Anda adalah http://domainanda.com/uncategorized/hallo-world.html berarti pengaturan permalink berhasil, namun jika url atau link yang muncul adalah http://domainanda.com/?p=1 berarti pengaturan permalink belum berhasil, hal ini bisa terjadi karena htaccess belum di rubah permission nya menjadi 777. Silahkan rubah dahulu htaccess blog Anda menjadi 777 kemudian ulangi lagi langkah di atas untuk pengaturan kostum permalink. sumber gambar disini.

Selamat mencoba, semoga Anda sukses selalu!

Cara Melakukan Pengaturan Permalink Pada WordPress
Back To Top