Cara Paling Mudah Memasang Favicon

Cara Paling Mudah Memasang Favicon Pada Blogspot - Favicon dalah gambar atau logo kecil yang berukuran 16 X 16pixel yang muncul di tab tepat di sebelah kiri tulisan nama domain blog. Apa sih pentingnya Favicon ini? Menurut saya penting sebagai tanda pengenal sebuah blog. Jadi dengan menggunakan favicon pengunjung akan mudah mengenali blog kita. Apalagi gambar atau logo favicon yang di gunakan berbeda dari yang lain. Contoh Facebook menggunakan leter F, twitter menggunakan leter T dan Google menggunakan leter G. Nah kenapa blog ini tidak menggunakan leter R karena namanya rozikinblog? Gak ada hubungannya kali. Setiap pemilik blog atau website menginginkan mempunyai sebuah ikon yang berbeda dari yang lain, dan hal itu gak mutlak harus menggunakan inisial nama blog, intinya yang penting unik, beda dan mudah untuk di kenali. Karena logo Favicon adalah merupakan logo Brand blog yang tentunya sebuah brand harus berbeda dari brand yang lain.


Kalau sobat yang kebetulan menggunakan layanan platform gratisan Blogger dan ingin mengganti logo favicon blognya. Selamat, sobat menggunjungi artikel dan totorial yang tepat yang sedang membahas cara paling mudah mengganti dan memasang logo favicon pada Blogspot. Ya, cara yang akan saya bahas disini benar - benar cara yang mudah bahkan paling mudah, karena sobat tidak perlu merubah kode apapun yang ada pada template HTML. Pada tempate default blogspot sudah ada logo faviconnya, yaitu logo B warna orange yang berarti Blogger. Bagi saya pribadi kurang afdol kalo logo favicon menggunakan default atau bawaan dari blogger, apalagi jika kita telah mendesain template blog sedemikian rupa. Dan ini adalah salah satu teknik seo on page atau mempercantik blog. Jika sobat masih perlu pengetahuan bagaimana cara mempercantik blog silahkan baca tips memilih desain blog yang baik.

Berikut ini adalah langkah cara paling mudah memasang favocon pada blog, di khususkan untuk blogspot.

  • Buat sebuah gambar sesuai dengan selera berbentuk bujur sangakar, setelah jadi edit ukuran dimensi gambar menjadi 32x32 atau bisa juga langsung 16x16 pixel. Format gambar terserah bisa jpg atau png.
  • Kunjungi www.favicon.cc dan upload gambar sobat yang sudah jadi.
  • Sobat bisa edit lagi gambar tadi yang sudah di upload, bisa di jadikan gambar animasi atau default aja.
  • Download gambar yang sudah di upload tadi di atas dan simpan dalam format .ico.
Untuk yang malas bikin logo favicon sendiri, gak punya ide dan inspirasi atau bahkan yang punya hoby COPAS tinggal download aja di www.favicon.cc gak perlu malu sob.



5. Buka dasboard blogspot sobat > pilih tata letak.
6. Klik edit pada widget yang bertulisakan Favicon.


7. Upload logo favicon yang sudah sobat download tadi.


8. Klik simpan.


9. Lihat hasilnya. Jika belum muncul klik menu browser > delete recent history > dan reload browser sobat, kemudian.


10. Buka blog sobat kembali dan lihat hasilnya.

Mudah bukan? Selamat mencoba, semoga tutorial cara paling mudah memasang favicon pada blogspot ini tidak basi ya. Salam Blogger!

10 Responses to "Cara Paling Mudah Memasang Favicon"

  1. Makasih tips nya mas, akan saya coba untuk membuatnya.

    ReplyDelete
  2. Silahkan di coba sist :D salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Thanks bangeeeet... ini yg aq cari2. masangnya sih sebenernya gampang. cuma, aq bingung gmn caranya bikin file favicon ekstensi .ico nya... sekali lagi thanks atas share tutornya ya sob...

    ReplyDelete
  4. Victia : ya sama2..senang bisa berbagi.

    ReplyDelete
  5. tapi biasanya sebelum favicon itu nongol.. selalu di awali dengan logo blog terlebih dulu kang iia..?!?! yg bisa langsung greng faviconnya ada gag iia kang?!?! :(

    ReplyDelete
  6. BP : ini langsung greng...ciyuss. coba deh.. :D

    ReplyDelete
  7. MAs, aku udah nyoba cara mas, tapi kok masih logo blogger yg keluar yaaaa?

    ReplyDelete
  8. @Catra Samoedrosetelah pasang coba di refresh browser nya, kalau masih belum bisa refresh koneksinya atau restart komputer.

    ReplyDelete
  9. Saya udah coba tapi kenapa yang nongol masih logo blog lama saya?

    ReplyDelete
  10. @JADI JUTAWAN coba di refresh browsernya dengan cara delete history, kalau cara itu masih belum berhasil restart aja pc nya.

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.