Cara Membuat Laman Menjadi Menu Navigasi

Cara Membuat Laman Menjadi Menu Navigasi
Artikel cara membuat laman menjadi menu navigasi pada template Johny Classicsite ini saya persembahkan untuk teman saya yang bernama +Sasa Shakira karena beliau begitu antusias nya untuk terus belajar membuat blog, tidak ada bosan - bosannya beliau bertanya tentang hal - hal yang berhubungan dengan blog yang belum di ketahuinya, baik itu melalui kolom komentar blog, facebook fan page, chat, maupun gmail . Dan untuk pertanyaan kali ini rasanya saya tidak bisa menjawabnya  melalui kotak komentar maupun chat. Akhirnya saya memutuskan untuk menjawaban pertanyaan +Sasa Shakira melalui postingan saja. Cara membuat laman menjadi menu navigasi  memang sangatlah mudah bagi sebagian blogger yang tentunya memang sudah menguasai trik blogger dan seluk beluk fitur blogger, tapi hal itu akan sangat terasa sulit bagi sebagian blogger yang baru belajar memahami fitur - fitur blogger. Mudah karena lumrah dan bisa karena terbiasa.

Jadi hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat laman menjadi menu navigasi adalah pertaman - taman sobat harus membuat postingan laman sama seperti membuat postingan biasa, berikut ini caranya:
  1. Masuk ke dashboard blogger dengan menggunakan akun gmail sobat.
  2. Klik tombol menu laman.
  3. Klik tombol laman baru dan pilih laman kosong atau url yang akan dimasukkan.
  4. Jika sobat memilih laman kosong maka sobat harus membuat title dan isi untuk postingan laman, sama seperti membuat postingan biasanya.
  5. Jika sobat memilih alamant web maka sobat tinggal memberi judul dan memasukan alamat web atau url.
  6. Setelah selesai klik publikasikan atau pratinjau jika ingin mengecek tampilan dulu sebelum publish.
  7. Lihat tulisan tampilkan laman sebagai dan klik pada tombol di sebelahnya untuk menampilkan laman di posisi yang sobat inginkan.
  8. Selesai, lihat hasilnya pada halaman depan blog sobat.
Kemudian setelah laman jadi silahkan sobat menuju ke pengaturan tempalate HTML.
  1. Masuk ke dashboard blogger.
  2. Pilih dan klik tombol template.
  3. Pilih dan klik tombol edit HTML.
  4. Gunakan Ctrl+F dan cari kode "menuhorisontal" [hanya untuk template Johny Classicsite].
  5. Lihat gambar di bawah, silahkan ganti url dengan url laman yang sudah sobat buat.
  6. Ganti judul menu navigasi sesuai dengan yang di inginikan.
  7. Ganti deskripsi menu navigasi sesuai dengan yang di inginkan.
Cara Membuat Laman Menjadi Menu Navigasi

Kini sobat sudah mengerti bukan cara membuat laman menjadi menu navigasi pada template Johny Classicsite, jika masih kurang paham jangan sungkan untuk meninggalkan komentar untuk bertannya, terimakasih telah berkunjung, semoga sobat sukses selalu.

39 Responses to "Cara Membuat Laman Menjadi Menu Navigasi"

  1. wkkwkwk masnya rozikin bikin tertawa hahhahha

    ReplyDelete
  2. keren banget nih tipsnya bagaimana mengubah laman menjadi menu navigasi, terima kasih untuk postingannya, mampir juga ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. hai sob aku mau nanya kalau memasang widget dmca protection apakah menggangu penerimaan google adsense dan apakah memasang sumber link saat copy di copas akan menggangu penerimaan google adsense (GA)

    ReplyDelete
  4. @teks wordKalo DMCA gak ngaruh, kalo untuk masalah link sumber itu saya juga kurang mengerti, yang menjadi sorotan GA adalah original atau tidaknya konten yang di sediakan, kalo pake sumber link berarti konten tidak original.

    ReplyDelete
  5. berarti sumber link ngaruh untuk penerimaan google adsense

    ReplyDelete
  6. @teks wordyang ngaruh itu artikelnya kalo itu hasil copas sob.

    ReplyDelete
  7. makasih gan infonya sangat membantu sukses,,,

    ReplyDelete
  8. wah keren ni, boleh juga ntar di coba.. thanks ya kk..
    salam kenal.. :D

    ReplyDelete
  9. sob yang dream 4 all itu pake privacy policy yang mana serpank atau yang lain sob

    ReplyDelete
  10. mas gimana cara mengganti tahun lahir di gmail kok aku klik simpan gk bisa kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
  11. @Sasa ShakiraTinggal klik edit trus ganti tangga di kolom nya trus simpan, kalo belum muncul tunggu beberapa saat atau refresh browser.

    ReplyDelete
  12. Salam Kenal Kang.. Aku lagi nyari2 artikel ini, tapi g ada yang befungsi di template aku.. kenapa ya..hiks

    ReplyDelete
  13. tambah lg wawasan ane.
    Mkasih Bos.
    Haikal Sulaiman

    ReplyDelete
  14. Artikel nya Mas.Rozikin keren-keren dan sangat membantu buat
    Blogger Newbie seperti saya.. ini artikel yang saya cari2 Mas..?
    Terima kasih akan saya simak dan di pelajari dulu..lalu idzin
    Memasang di blog saya yah Sob..? terima kasih salam sukses
    karristaent.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. @Saud Karrysta Wah sobat berlebihan nih sepertinya, terimakasih ya kawan atas komentar dan kunjungannya. meluncur ke TKP.

    ReplyDelete
  16. asik blog walking ke sini nambah ilmu lagi terimasikih untuk ilmmunya

    ReplyDelete
  17. kl begini tampilan blog kelihatan jd PRO ya?

    ReplyDelete
  18. @Haikal Sulaiman iya sob betul jadi keliatan lebih profesional. Makasih sob atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  19. @Rijal maulana makasih banyak sob atas kunjungan baliknya.

    ReplyDelete
  20. Ijin nyimak kang,kayanya keren banget nih

    ReplyDelete
  21. Sipp...Mas artikelnya, menambah ilmu lg

    ReplyDelete
  22. mantap gan, terima kasih banyak ya atas ilmunya.. :)

    http://www.jamtanganori.com

    ReplyDelete
  23. itu cara untuk template klasik yah??? kalau template yang lain bagaimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cara untuk template nya maskolis mba, untuk template lain yang seperti apa ya mba?

      Delete
  24. thankz visit juga
    www.rezabokeng7.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. gan kok ngak bisa sih???

    visit back ya....
    Rizal Hilala

    ReplyDelete
  26. saya sedang cari cara agar posting yang saya tulis bisa otomatis masuk ke menu navigasi yang sudahb dibuat, kalau manual satu persatu di edit HTML sih sudah bisa tapi ribet khan setiap buat posting harus edit html. Tolong lihat blog saya : ypkgm,blogspot.com

    ReplyDelete
  27. Mohon pencerahannya gan, bagaimana agar posting yang saya buat bisa otomatis masuk ke daftar menu yang sudah ada, kalau yang masukkan manual di edit HTML saya sudah bisa sih, tapi ribet kalau tiap buat posting harus edit HTML selalu khan?
    Lalu bagaimana dengan icon media sosial yang ada di template blog yang saya pakai agar share ke akun media sosial milik saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ingin setiap postingan masuk ke navigasi harus di buat label dan masukan label lewat menu HTML, buat label sangat mudah setiap postingan bisa diberi label. Ambil labelnya kemudian masukan ke navigasi maka secara otomatis setiap postingam dengan label yang sama akan masuk di menu navigasi tersebut.

      Delete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.