Jalan Jalan Kemana Om Blogger ?

Jalan Jalan Kemana Om Blogger ?
Blogger jalan - jalan? Jalan - jalan kemana om blogger? pertanyaan polos itu muncul dari mulut keponakan saya yang umurnya belum melebihi jumlah jari jemari saya. Waktu itu hari minggu tanggal 31 maret 2013. Yah baru kemarin. Karena sedang ramai sekali di perbincangkan di dalam lingkungan keluarga bahkan di siaran berita juga gencar sekali mebahas tentang long weekend baik di televisi maupun radio. Awal kejadiannya adalah karena saya secara sekonyong - konyong menjawab sebuah pertanyaan yang di lontarkan oleh keponakan saya yang baru berumur 6 tahun. Dia bertanya "Om liburan jalan - jalan kemana" kemudian saya jawab "Blogwalking". Wajar saja kalau anak seumuran dia kemudian penasaran dan kembali bertanya "Blogwalking apa sih om". Hehe saya tersenyum karena merasa lucu aja, kenapa saya bisa menjawab dengan jawaban yang anak sekecil itu tidak mungkin mengerti. Sebenarnya saya sedikit bingung menjelaskannya, karena blogwalking itu hanya istilah dan harus di jelaskan secara panjang lebar. Enggak mungkin kan saya jelaskan sedetil itu tentang blogwalking kepada anak yang baru mau menginjak bangku sekolah dasar. Akan tetapi usahanya untuk mendapatkan jawaban dari saya benar - benar tidak surut. Dia terus merengek untuk di jawab, akhirnya saya jawab saja dengan bahasa yang polos dan berharap agar dia tidak bertanya lagi. Saya bilang "Blogwalking itu blog jalan - jalan atau blogger jalan - jalan". Jadi nama julukan om itu blogger ya? trus om blogger mau jalan - jalan kemana? Saya kembali tersenyum geli mendengar pertanyaan yang begitu polos dari keponakan saya. Tapi percakapan polos dengan keponakan saya itu terhenti sebelum saya di bertambah bingung dengan jawaban apa yang harus saya berikan. Pasalnya dia sudah di tunggu oleh ayah dan bundanya untuk pergi jalan - jalan melihat rusa di Kebun Raya Bogor sana.

Tapi saya merasa terhibur dengan tingkah keponakan saya yang polos dan rasa keingitahuannya yang besar (sama seperti om nya). Ups! bukan berarti KEPO ya. So, singkat kata dapat saya simpukan ternyata rekreasi itu tidak harus mahal. Hanya bercanda dengan keponakan saja saya bisa mendapatkan kesenangan dan keceriaan, sekedar melepas penat setelah 5 hari berkutat dengan beberapa kegiatan yang menguras tanaga dan pikiran.

Cerita di atas hanyalah sedikit intermezo agar tidak merasa bosan melulu membahas artikel tentang rutinitas seorang blogger. Dan topik sebenarnya adalah tentang blogwalking. Blogger mana yang tidak tau dengan istilah blogwalking. Semua blogger pasti tau karena blogwalking adalah salah satu kegiatan yang masuk kedalam daftar penting kegiatan blogger. Awal mula berasal dari kata blog yang berarti wadah, dan kemudian muncul sebutan blogging yang berarti kegiatan ngeblog atau yang lebih dikenal dengan sebutan blogwalking untuk saat ini. Kalau saya salah atau tidak tepat dalam menjeaskan hal itu mohon di koreksi di kolom komentar.

Blogwalking, aneh juga sih kalau di artiin ke bahasa Indonesia. Makanya saya sempat bingung menjelaskan artian itu kepada keponakan saya. Kalau kita artikan secara baku blogwalking berarti blog jalan - jalan. Cukup aneh bukan, masak blog bisa jalan - jalan. Tetapi arti sebenarnya yang saya dapatkan dari berbagai sumber dan informasi dari teman - teman, blogwalking adalah sebuah kegiatan menunjungi blog - blog lainnya. Entah itu blog teman atau blog - blog yang tidak kita kenal. Dengan mengunjungi blog - blog tersebut biasanya kita akan meninggalkan sebuah jejak yaitu bisa berbentuk link dan komentar pada postingan/artikel juga pada buku tamu yang disediakan oleh pemilik blog yang dikunjungi. Kegiatan blogwalking sendiri memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menambah pertemanan dengan sesama blogger lainnya dan saling berkunjung balik dengan mengunjungi link yang di tinggalkan. Pada akhirnya kita dapat memiliki teman blogger yang tidak menutup kemungkinan bisa lebih akrab dan saling membantu melebihi teman dalam dunia nyata. Bedanya hanya kita tidak saling bertatap muka dalam berkomunikasi.

Saya bisa bilang seperti itu karena saya sendiri telah mengalaminya. Awalnya saya tidak punya kenalan satupun seorang blogger. Tapi dengan membangun komunikasi yang baik sekarang saya memiliki teman blogger yang akrab dan baik - baik. Kebanyakan dari mereka bukan berasal dari tempat tinggal atau kota yang sama bahkan ada yang berbeda pulau. Tak terasa kegiatan blogwalking telah membuat saya menjadi semakin kecanduan dan ingin rasanya totalitas berkecimpung disana. Suatu hari saya menemukan sebuah komunitas karna ajakan salah satu teman akrab saya dalam kegiatan blogwalking. Komunitas yang tidak besar hanya berisi sekitar 2 lusin blogger saja tapi keakraban begitu terasa, kegiatan demi kegiatan saling membantu kami lakukan disana, seolah - oleh saya menemukan sebuah oasis di tengah padang pasir. Sok puitis ya gue :D. Oh ya tentang teman - teman baik saya itu untuk saat ini belum bisa di sebutkan nama - namanya. Mungkin nanti suatu waktu saya akan mebahasnya di lain postingan di dalam blog ini, sekaligus memberikan sebuah penghargaan atas kebaikannya.

Selain kita bisa mendapatkan banyak teman dan dunia kecil tapi besar tak nampak tapi nyatanya ada, dengan kegiatan blogwalking blog yang kita miliki bisa menjadi populer. Bagaimana tidak, semakin banyak kita mengunjungi blog yang ada di dunia maya yang tak terhitung jumlahnya maka akan semakin banyak pula blogger yang akan mengenal blog kita. Dalam kegiatan blogwalking tentunya jangan sampai di salah gunakan bahkan lupa etika. Berkunjung dengan baik dan meninggalkan jejak dengan baik pula. Seperti kata pepatah "tanam padi tumbuh padi, tanam ilalang tumbuh ilalang". Jadi "Seperti Apa Anda Ingin Dikenal" kata itu tentu dapat dimengerti dengan mudah bukan.

Omong - omong soal blogwalking dan meninggalkan jejak, ada satu hal yang paling tidak disukai oleh para blogger karena kedapatan jejak yang bukan bertujuan silaturahmi menjalin pertemanan. Saat ini saya lihat beberapa teman blogger (termasuk saya juga) banyak yang memasang sedikit catatan di atas kolom komentar blog nya. Catatan kecil itu sebenarnya adalah sebuah teguran keras terhadap para spammer yang suka meninggalkan jejak tanpa etika. Cuman, karena temen - temen blogger sangat baik hatinya dan tidak sombong jadi dipoleslah kata - kata peringatan tersebut dengan sangat sopan, dengan harapan agar mudah di mengerti oleh mereka. Kira - kira sobat dongkol atau tidak kalau - kalau kedapatan komentar pada artikel sobat yang berisikan slogan - slogan toko kelontong yang sedang cuci gudang, penawaran - penawaran bisnis gak jelas, dan juga link reveral, ditambah nama si pemberi komentar tersebut adalah merek dagang atau deskripsi tukang obat kuat. Sepertinya etika - etika berkomentar yang baik sudah tidak ada lagi, dan hal itu akan membuat pemilik blog menjadi malas mengunjungi blog si peberi komentar.

Jadi pada intinya setelah jabaran di atas yang panjang kali lebar sama dengan luas adalah bahwa kegiatan blogging adalah penting untuk membangun silaturahmi dan mempromosikan keberadaan blog kita sehingga menjadi dikenal oleh banyak orang dan tentunya hal itu akan bedampak baik bagi kelangsungan kehidupan blog yag sedang kita kelola. Diharapkan kegiatan yang memilik fungsi vital tersebut agar tidak di cemari dengan hal - hal yang tidak mengenakkan, blogwalking-lah dengan bijak. Dan tentang blog jalan - jalan atau blogger jalan - jalan yang tadi jadi pertanyaan keponakan saya "Jalan - Jalan Kemana Om Blogger" itu jawabanya adalah. Long weekend blogger jalan - jalan ke blog teman - teman baik dalam rangka silaturahmi dan sekaligus mengemban misi khusus nan rahasia. Semoga menjadi inspirasi untuk sobat semua. Salam Blogger.

20 Responses to "Jalan Jalan Kemana Om Blogger ?"

  1. Dari tadi pas log out dari facebook, saya malah bingung sob mau ngapain lagi tapi belum ngantuk juga, ya udah saya buka2 aja halaman blog saya dari halaman yg satu ke halaman lainnya sambil baca2 ulang komentar2 yang udah masuk di blog saya. Setelah saya udah mulai bosan dengan aktifitas itu, saya coba kembali ke homepage blog saya dan melihat ada postingan baru dari blog sobat ini makanya saya langsung kmari. Abis judulnya bikin penasaran sih sob. Saya paling nggak suka kalau udah lihat atau baca sesuatu yg udah kasih penasaran tidak sampai tuntas dan ternyata asyik bangat bahasanya sob.

    Awal2nya saya ngeblog dulu, sering sekali saya melakukan blogwalking ke blog2 lain cuman untuk menerapkan apa yg udah dijelasin di blog yg pernah saya kunjungi juga untuk menambah teman dalam dunia bloging serta mempromosikan blog supaya blog juga bisa dikenal oleh blogger lain. Banyak sekali memang manfaatnya "Agenda Blogwalking" ini dalam dunia blogging...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sob jadi dari pada gak bisa tidur mendingan jalan - jlan kesini ya?

      Delete
  2. kalo aku dari blog ke blog sob jalan2 nya.. ahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya akan jalan - jalan balik ke blog sobat :v.

      Delete
  3. kalau saya coba carinya pake mbah gugel aja mas, lebih mudah dan murah :D

    ReplyDelete
  4. ha ha ha ajarin juga om ponakanya untuk memulai ngeblog,serta ajarkan cara jitu untuk memberikan yang terbaik buat sahabat bloggernya nanti,,oiya sob saya ada ramuan jitu mendatangkan trafik pengunjung baru dan sahabat lama ke blog saya..cekidot Free submision alias sebar iklan gratis langsung dari blog menuju Aura Blogger network

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep tuh sob boleh dong, langsung ke tkp cuss

      Delete
  5. Heeemm.. jadi ingat waktu belum pernah kenal yang nama'nya blog dan akhirnya coba2 bikin blog lalu ketagihan deh.. Tiada hari tanpa blogwalking.. hehehe..

    Sekalian bertugas yang ada disini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong kalo gitu jadi sehari kalo engga ngeblog udah kayak ketinggalan update gitu..

      Delete
  6. mas tolong kirim menampilkan postingan tanpa bulan dan tahun di navigasi . makasih ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contohnya seperti apa? coba di screen capture trus kirim ke email saya aja rozikinroz@gmail.com, oh ya kalo ada nanya2 lagi lewat fb fp saya aja atau chat jadi lebih mudah dan cepat.

      Delete
  7. oke mas. udah saya kirim , makasih

    ReplyDelete
  8. Saya baru belajar ngeblog tapi bingung mau blogwalking kemana. Search di pakde eh blog si mas'e yg ada. Yo wes lahh dicoba coba baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih ya semoga mengispirasi

      Delete
  9. "Hanya bercanda dengan keponakan saja saya bisa mendapatkan kesenangan dan keceriaan"

    betul, setuju banget.... dirumah ada dua keponakan, satu nya masih bayi banget, satunya udah TK B, dua-duanya selalu nggemesin, lucu, bikin ketawa, nyenengin, selalu bikin kangen kalau jauh dari mereka, iya meskipun kadang suka ngeselin juga sih, kalau yg udah TK itu udah ngberantakin kamar dan nanya mulu kerjaanya... sampe suka kewalahan jawabnya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya anak kecil itu kan lugu dan tingkahnya masoh bener-bener polos jadi apa aja bisa ngundang kelucuan dan itu yang bikin seneng ceria

      Delete
  10. Blogwalking merupakan hal yang tidak bisa kita lupakan ya sob, sebab selain mendulang trafik, ternyata blogwalking termasuk strategi tepat untuk mendapatkan banyak pengunjung dan teman :D. Salam hangat

    ReplyDelete
  11. kalau saya jalan-jalan ke blogger-blogger yang ramah mas :D

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.