Wordpress Vs Blogger Manakah yang terbaik?

Wordpress Vs Blogger - Manakah yang terbaik? Apakah Anda bingung memilih jenis platform blog untuk memulai karir blogging Anda?. Jenis platform blog yang paling baik dan tidak diragukan lagi kelebihannya adalah platform Blogger dan Wordpress. Tetapi saat ini kebanyakan para pemula (seperti saya) bingung untuk menilai, mana yang lebih baik antara Brogger dan Wordpress. Keduanya sama - sama memiliki kelebihan dan disini saya akan memberikan sebuah chart perbandingan lebih detail yang mungkin dapat membantu bagi para blogger pemula (seperti saya) dalam membuat keputusan yang cerdas dan tepat.

blogger vs wordpress

Saya bukan karyawan Blogger atau Wordpress (Hehe...mana mungkin). Chart di bawah ini semata-mata penelitian pribadi dan beberapa diantaranya diambil dari sebuah sumber referensi yang terpercaya.



FITUR
BLOGGER
WORDPRESS
PEMENANG?
Template Customization Menyediakan layanan gratis/Style Sheet Customization
Tidak menyediakan style sheet customization. Berbayar
Blogger
Tutorials/Help Tak terhitung banyaknya tutorial untuk Trik Blogger Nyaris tidak ada atau hanya beberapa saja Blogger
Jumlah template yang tidak official Tak terhitung banyaknya desainer yang membuat template gratis setiap harinya Sedikit designer yang menawarkan template gratis Blogger
Coding yang digunakan Penggunaan script user friendly dan coding dalam format HTML, XML, CSS Penggunaan script canggih seperti php yang hanya sedikit yang dapat memahaminya Blogger
Panel kontrol/Dasboard interface Sangat user friendly. Mudah dinavigasi. Complicated Interface dengan navigasi yang rumit Blogger
Kumpulan template standard Limited Collection untuk template standard kebanyakan design dibuat user sendiri Lebih dari 70% template berkualitas tinggi WordPress
Penggantian template Template standard dapat diganti dengan template gratis yang lebih profesional No template change allowed Blogger
Widgets Tidak terhitung jumlah widget yang resmi maupun tidak resmi yang tersedia Jumlah widget yang resmi terbatas. Jarang juga template yang tidak resmi Blogger
Komentar Tidak ada komentar editing. Moderasi diperbolehkan. Tidak ada perlindungan Spam. Tidak ada formulir komentar yang user friendly Komentar dapat diedit dan dikelola. Perlindungan SPAM tersedia User friendly comment form WordPress
SEO, Optimasi Meskipun layanan ini dimiliki oleh Google, tidak pandang bulu, manual optimasi diperlukan Dimiliki oleh pihak swasta. Menggunakan Plugin Meta Tags Plugin. Mudah Untuk mengoptimalkan Blogger & Wordpress
Blog Privacy Anda dapat membatasi akses pada blog Anda ke 100 penulis dan 100 pembaca. Semuanya hanya pemilik dan pengguna akun Google. Anda dapat membatasi akses pada blog Anda ke 35 pemilik akun Wordpress. Postingan dapat dilindungi dengan password atau bersifat pribadi. Blogger
Pembatasan Komentar Anda dapat membatasi komentar kepada pemilik akun Google, pengguna Open ID atau Siapapun (termasuk Anonymous) Komentar tidak dapat dibatasi. Siapapun bisa berkomentar Blogger
Blog Import Hanya dari satu blog BlogSpot ke tempat lain Sebuah blog dapat di import dari blog wordpress yang lain atau dari blogger, yahoo! 360, LiveJournal dan juga TypePad WordPress
Posts and Comment Notification Penulis dan subscribers dapat diberitahu tentang postingan dan komentar terbaru melalui via Email Penulis dan subscribers dapat diberitahu tentang postingan dan komentar terbaru melalui via Email Blogger & Wordpress
Comment Verification Meminta pengguna untuk memverifikasi apakah mereka adalah manusia, dengan menggunakan 4-6 kode digit Tidak meminta verifikasi apapun.
Lebih banyak terkena spam
Blogger
Batas penyimpanan Video Tak terbatas pada Google Video dan batas untuk Video yang di-upload sendiri adalah 16GB Hanya 3GB. Jika ingin space yang lebih harus upgrade Blogger
Batas penyimpanan Gamar 1 GB pada Web Album Picasa 3 GB. Space yang lebih dapat diperoleh melalui upgrade. Anda juga dapat meng-upload .ppt, .doc, .odt dan Pdf file WordPress
Jenis penyimpanan File Hanya memperbolehkan upload gambar Diperbolehkan meng-upload file - file seperti .ppt, .pdf .doc dan .odt.
Dapat meng-upload lebih banyak file jika sudah upgrade
WordPress
Blog Stats Tidak memiliki sistem default statistik. Tetapi memperbolehkan penelusuran script melalui pihak ketiga. Memiliki sistim statistik pengunjung secara default tetapi hanya menunjukkan statistik selama dua hari saja dan tidak memberikan laporan rincian statistik.

Tidak mengijinkan penelusuran script oleh pihak ketiga
Blogger
Blog co-partners 100 pemilik akun Google dapat ditambahkan sebagai Administrator atau Penulis 35 pemilik akun Wordpress dapat ditambahkan sebagai Administrator, Editor, Penulis dan Kontributor. Blogger
Advertisements Displays no advertisement of its own on your blog. Displays discreet AdSense advertisements on your blog for small percentage of the page views Blogger
Posts By Email Memiliki fitur Mail-to-Blogger yang mengubah account email menjadi aplikasi-posting blog Tulisan dapat diterbitkan dengan menggunakan email Blogger & Wordpress
Post Feed On Mobile Phones Supported Not Supported Blogger

Kesimpulannya adalah ketika memilih layanan platform blog, tiga hal yang paling penting dan harus dipertimbangkan adalah:
  • Template editing
  • Kapasitas penyimpanan Gambar yang besar
  • Kapasitas penyimpanan Video yang besar.
Percaya atau tidak Blogger memiliki semuanya dari ketiga fitur di atas dan tidak diragukan lagi Blogger telah menjadi suatu berkah bagi jutaan remaja dan orang-orang dari kelas-kelas lain yang kurang mampu untuk mengeluarkan banyak biaya.  

Fitur pengeditan template adalah salah satu fitur terbaik dari Blogger. Dalam satu tahun blogging orang seperti saya yang bahkan tadinya tidak tahu apa itu CSS, HTML, XML, kini saya sedikit banyak dapat belajar dengan mudah tentang script dengan fitur Blogger. 

Blogger membuat saya jadi lebih menyukai dunia blogging dan membuat hidup saya lebih menarik dan pastinya akan menjadi berkah bagi Anda juga. Menurut saya Blogger adalah layanan gratis terbaik yang ada, akan tetapi walaupun begitu Wordpress juga telah menyediakan layanan yang terbaik yang mereka mampu berikan, karena saya pribadi juga pengguna platform Wordpress selain Blogger. Wordpress Vs Blogger - Manakah yang terbaik?

8 Responses to "Wordpress Vs Blogger Manakah yang terbaik?"

  1. Aq sendiri lebih suka pake wordpress, mungkin sejak awal sudah pake wordpress kali ya. Gak ngerti terlalu jauh tentang blogspot. Baca artikel ini jadi bisa bandingin lebih detail perbedaan, keuntungan dan kelebihan, antara wordpress dan blogger. Thanks banget sharing nya yah...

    ReplyDelete
  2. Kalo saya pribadi dua2nya pake dan suka. Masing2 punya kelebihan yang bisa di manfaatkan. Thanks ya udah berkunjung. Salam kenal.

    ReplyDelete
  3. artikel yang sangat bagus.
    kalau saya dari dulu lebih condong di blog karena produknya google. . .ya selain itu ane gak terlalu paham dg wordpress hahaha
    blogwalking sob, jngan lupa gubuk ane yua..:)
    salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  4. Sob Salamun : emang lebih praktis cara pengoprasiannya, maintenancenya dan menghisanya adalah Blogger. Bisa ngerasain bedanya kalo udah nyoba deh hehe...oke siap Saya akan berkunjung balik ke padepokan guru :D.

    ReplyDelete
  5. Untuk Blogger pemula seperti saya ini sepertinya artikel ini sangat membantu untuk menentukan pilihan...thanks.

    ReplyDelete
  6. aww lengkap, saya juga punya artikel tentang ini tapi lebih lengkap deh. cekidot
    http://www.idbloggertrick.com/2013/09/blogger-vs-wordpress-mana-yang-terbaik.html

    ReplyDelete
  7. bagus gan... jadi lebih mantap memilih blogspot.. JOZZ...
    punyanya mbah Google ini emang mantap, ^_^
    lagian di blogspot kan templatenya banyak bertebaran di internet dan desainya juga banyak yang premium free juga hehehe, jadi kita lebih asik kan ngeblognya
    jangan lupa mampir gan di ups-info.blogspot

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.